Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Operator Tiket Online Indonesia Incar Pasar Milenial di Singapura

Penyedia layanan pemesanan tiket atau ticketing management service (TMS) digital di Tanah Air mulai melirik potensi pendapatan dari kunjungan wisatawan Indonesia ke Singapura yang kini didominasi oleh wisatawan dari kalangan millenial perkotaan atau lazim disebut urban traveller.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 12 November 2019  |  13:40 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Penyedia layanan pemesanan tiket atau ticketing management service (TMS) digital di Tanah Air mulai melirik potensi pendapatan dari kunjungan wisatawan Indonesia ke Singapura yang kini didominasi oleh wisatawan dari kalangan millenial perkotaan atau lazim disebut urban traveller.

Sebagai langkah mengoptimalkan potensi tersebut, penyedia layanan pemesanan tiket digital milik GoJek, LOKET menjajaki kerjasama dengan Singapore Tourism Board (STB) yang mulai berlaku pada 1 Januari 2020 untuk memasarkan tiket-tiket acara maupun atraksi hiburan di Singapura melalui platform GoTix. Vice President Consumer LOKET Rama Adrian mengatakan selain sekadar memaksimalkan waktu berlibur di akhir pekan urban traveller diketahui memiliki minat yang tinggi terhadap acara maupun atraksi hiburan yang menarik bagi mereka.

Sebagai catatan, platform GoTix sejak Agustus 2017 berada dibawah pengelolaan LOKET yang diakuisisi oleh GoJek pada 2017. Usai akuisisi tersebut, GoTix menjadi saluran utama bagi pemasaran tiket-tiket acara maupun atraksi hiburan LOKET.

 “Hal yang menarik bagi urban traveller untuk berlibur adalah event-event menarik yang memang sudah lama mereka tunggu, seperti festival, konser musik, pertandingan olahraga, serta atraksi hiburan yang memang ditampilkan saat waktu-waktu tertentu,” katanya usai menandatangani perjanjian kerjasama dengan STB di Kantorkuu Coworking & Office Space, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Lebih lanjut, Rama menjelaskan sejak awal tahun ini pihaknya telah melakukan uji coba menjual berbagai tiket acara maupun atraksi hiburan dari berbagai negara di Asia, tak terkecuali Singapura melalui GoTix. Adapun pada Oktober 2019 tercatat penjualan tiket acara maupun atraksi hiburan di Singapura berhasil mencapai 3.000 tiket atau meningkat 300% dibandingkan dengan penjualan pada Januari 2019.

“Untuk uji coba tahun ini belum ada 100 acara maupun atraksi hiburan [di Singapura], tahun depan tentunya akan bertambah. Tahun ini yang menjadi favorit itu Grand Prix Season Singapore (GPSS), International Champions Cup (ICC) 2019, Mixed Martial Arts (MMA), Ultra Music Festival, Neon Light Festival, pertunjukkan musical Alladin,” paparnya.

Rama enggan memberikan keterangan lebih lanjut mengenai target yang ingin dicapai melalui kerjasama dengan STB. Namun yang jelas, kerjasama tersebut merupakan salah satu upaya untuk mendukung ekspansi GoJek di Singapura lewat layanan GoCar.

Oleh karena itu, setiap pengguna GoTix yang telah melakukan transaksi pembelian tiket acara maupun atraksi hiburan secara otomatis akan mendapatkan voucer potongan harga 50% maksimal S$5 untuk layanan GoCar di Singapura.

“Ini bentuk dukungan juga terhadap GoJek di Singapura, untuk target masih confidential, tetapi tentunya akan kami maksimalkan kerjasama ini untuk meningkatkan penjualan tiket acara maupun atraksi hiburan di Singapura,” tegasnya.

Kemudian Rama menyebut tidak menutup kemungkinan pihaknya akan menjual tiket acara maupun atraksi hiburan tersebut dalam bentuk paket atau bundling layaknya paket wisata yang ditawarkan oleh biro perjalanan atau travel agent konvensional. Namun, dia belum bisa memastikan kapan hal tersebut bisa terwujud.

“Kemungkinan ada nanti tiket-tiket acara atau atraksi hiburan itu dijual bundling. Kami pun sudah menyiapkan partner untuk itu yang kami sebut sebagai aggregator,” ungkapnya.

Executive Director Southeast Asia STB John Gregory Conceicao menyatakan k yang dilakukan dengan GoTix merupakan kemitraan strategis yang akan meningkatkan pertumbuhan wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Singapura. Selain itu kemitraan tersebut juga akan semakin memperkuat posisi Singapura sebagai destinasi favorit bagi wisatawan Indonesia.

Berdasarkan data STB, wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Singapura pada 2018 mencapai 3,02 juta wisatawan atau menduduki peringkat kedua terbanyak setelah Tiongkok. Adapun sepanjang Januari-Juni 2019 tercatat hampir 1,5 juta wisatawan Indonesia telah mengunjungi Singapura atau mengalami peningkatan sebesar 2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/YoY).

“Kerjasama ini merupakan bagian dari upaya konsiten STB dalam mempromosikan pariwisata yang berkualitas [di Singapura] dengan menjalin kemitraan bersama agen-agen perjalanan online dan platform-platform teknologi di pasar-pasar utama kami,” katanya.

Kemudian, Area Director Indonesia STB Mohamed Firhan Abdul Salam menambahkan kerjasama yang dilakukan oleh STB dan GoTix memungkinkan keduanya untuk saling mendukung dalam hal pemasaran dan konten tentang berbagai acara dan atraksi hiburan di Singapura. Dia juga menyebut bahwa kerjasama ini akan menegaskan kepada masyarakat Indonesia bahwa Singapura bukan hanya sekadar destinasi wisata belanja.

“Kami akan bekerja sama dengan Go-Tix untuk memastikan bahwa mereka memiliki konten dan sarana yang sesuai untuk menginformasikan penggunanya tentang event dan atraksi di Singapura. Selain itu melalui MoC ini kami bisa melakukan kampanye pemasaran bersama tentang kalender event yang begitu dinamis di Singapura,” katanya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tiket online
Editor : Wike Dita Herlinda
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top