Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Dua orang membuka laman Google dan aplikasi Facebook melalui gawainya di Jakarta, Jumat (12/4/2019). - ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Premium

Digitalisasi Layanan Membangun Kota Pintar

07 November 2019 | 17:03 WIB
Pemanfaatan teknologi di pemerintahan daerah menjadi kebutuhan untuk mengimbangi perubahan perilaku masyarakat yang ingin lebih praktis.

Bisnis.com, JAKARTA — Konsep smart city diharapkan tak menjadi sekadar gimmick para pengelola kota. Makin tingginya penetrasi perangkat mobile membuat keinginan dan kebutuhan publik terhadap akses layanan birokrasi yang lebih mudah juga makin besar.

Small Medium & Corporate (SMC) Lead of Microsoft Indonesia Vony Tjiu mengatakan saat ini, masyarakat telah berevolusi menjadi generasi yang terhubung dengan internet. Pemanfaatan teknologi di pemerintahan daerah menjadi kebutuhan untuk mengimbangi perubahan perilaku masyarakat yang ingin lebih praktis.

Berdasarkan sejumlah laporan dari lembaga survei independen yang dihimpun Microsoft, disebutkan bahwa 1 dari 4 orang ingin bisa mengakses layanan publik dari gawai.

Kemudian, 58 persen dari populasi yang disurvei menyatakan akan mempercayai pemerintahannya jika layanan pemerintahan diberikan secara digital.

Artinya, digitalisasi pelayanan yang merupakan salah satu bagian dari nilai kota cerdas, dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Co-Founder and CTO Qlue Andre Hutagalung (kanan) berbincang dengan Chief Commercial Officer Maya Arvini usai jumpa pers inisiasi Smart Citizen Day 2019, di Jakarta, Rabu (20/3/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top