Berdayakan Pelaku UMKM, Ini Cara yang Digunakan GrabKios

Platform waralaba digital GrabKios menyediakan solusi pemberdayaan bagi warung-warung UMKM di Tanah Air seiring dengan pertumbuhan ekonomi digital dan meningkatnya persaingan antara usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan minimarket modern.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 07 November 2019  |  17:11 WIB
Berdayakan Pelaku UMKM, Ini Cara yang Digunakan GrabKios
GrabKios. - Bisnis/Rahmad Fauzan

Bisnis.com, JAKARTA - Platform waralaba digital GrabKios menyediakan solusi pemberdayaan bagi warung-warung UMKM di Tanah Air seiring dengan pertumbuhan ekonomi digital dan meningkatnya persaingan antara usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan minimarket modern.

Adapun, GrabKios akan memberdayakan warung melalui tiga cara, antara lain; pertama, memperluas jenis layanan yang ditawarkan warung serta membantu mereka untuk menambah penghasilan.

Selain layanan seperti pulsa, pembayaran beragam tagihan, tiket perjalanan, layanan pengiriman uang, dan registrasi mitra pengemudi Grab, GrabKios menghadirkan peluang usaha tambahan, seperti pengantaran paket didukung oleh porter, dimana pelanggan dapat mengirimkan barang melalui mitra GrabKios.

Layanan tersebut tersedia di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Surabaya.

GrabKios juga menghadirkan fitur tabungan emas yang aplikasi jual-beli emas berbasis syariah Tamasia, dimana mitra GrabKios dapat menawarkan ke pelanggan tabungan emas yang aman, terpercaya dan sesuai hukum syariah mulai dari Rp10.000 dan telah diluncurkan di Medan dan seluruh kota di Pulau Jawa.

Fitur lain yang dimiliki GrabKios adalah asuransi mikro. Dengan fitur ini pelanggan dapat membeli asuransi kesehatan, jiwa, pendidikan, perlindungan kecelakaan, dan asuransi mikro lainnya. Fitur ini akan tersedia mulai awal Desember 2019.

Kedua, menyediakan akses terhadap modal usaha, layanan keuangan serta membantu warung untuk meningkatkan usahanya.

Terkait dengan hal tersebut, Grab menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Bank Mandiri, salah satu untuk menyediakan pinjaman dari Bank Mandiri kepada mitra GrabKios serta mitra pengemudi Grab.

Ketiga, mengurangi biaya usaha. Adapun, GrabKios memberikan akses yang lebih luas dan lebih mudah kepada warung tradisional untuk memesan barang dagangan melalui aplikasi dengan harga yang sangat kompetitif.

Melalui platform tersebut, barang yang dibeli dapat diantarkan langsung kepada pemilik warung secara gratis dan tersedia pilihan pembayaran cash-on-delivery (COD), yang sesuai dengan kebutuhan warung kecil.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
umkm, grab indonesia

Editor : Wike Dita Herlinda
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top