Operator Seluler Berlomba Incar Pelanggan Baru Lewat Kanal Digital

PT Indosat Tbk. melalui IM3 Ooredoo mengincar 20.000 pelanggan baru hingga akhir 2019 melalui kanal digital. Indosat baru saja mengluarkan sebuah layanan yang memungkinkan pelanggan untuk memesan kartu prabayar melalui website im3.do/shop.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 06 November 2019  |  07:57 WIB
Operator Seluler Berlomba Incar Pelanggan Baru Lewat Kanal Digital
Ilustrasi SIM Card - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -  PT Indosat Tbk. melalui IM3 Ooredoo mengincar 20.000 pelanggan baru hingga akhir 2019 melalui kanal digital. Indosat baru saja mengluarkan sebuah layanan yang memungkinkan pelanggan untuk memesan kartu prabayar melalui website im3.do/shop.

SVP-Head of Brand Management & Strategy of Indosat Ooredoo Fahroni Arifin mengatakan bahwa layanan baru yang dikeluarkan Indosat Ooredoo bertujuan untuk menambah jumlah pelanggan Indosat di sisa tahun ini, khususnya dari kalangan milenial.  

Pada awal peluncuran layanan baru, kata Fahroni, Indosat baru akan merambah enam kota saja, yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar, sebab disesuaikan dengan rekomendasi mitra logistik Indosat, Paxel.

Berdasarkan laporan Ooredoo Group, jumlah pelanggan Indosat pada kuartal III/2019 bertambah sebanyak 2 juta pelanggan, dari 56,7 juta pelanggan pada kuartal II/2019 menjadi sekitar 58,7 juta pelanggan.

“Pemelihan kota berdasarkan rekomendasi dari kapabilitas mitra, tetapi tentu saja nanti berkembang,” kata Fahroni kepada Bisnis.com, Selasa (5/11/2019).   

Chief Marketing Officer Indosat Ooredoo Ritesh Kumar Singh mengatakan dengan layanan terbarun pelanggan hanya perlu mengisi data seperti nomor induk kependudukan dan nomor kartu keluarga untuk memesan kartu. Adapun, jumlah maksimal pemesanan adalah tiga kartu perdana baru.  

Pengiriman akan dilakukan pada hari yang sama dengan tarif rata. Jika pelanggan memesan kartu pagi hari, sebelum jam 12 siang di hari yang sama, kartu sudah akan sampai ke pelanggan. Adapun jika pelanggan memesan kartu di atas jam 12 siang maka kartu baru akan tiba keesokannya.  

Singh menuturkan layanan terbaru bertujuan untuk memberikan pengalaman berinternet yang lebih baik bagi pelanggan, Dia berpendapat bahwa pengalaman terbaik berawal dari pemilihan dan pembelian kartu perdana.

“Layanan pembelian online kartu perdana dari IM3 Ooredoo ini ditargetkan bagi mereka para digital-savvy yang tidak dapat dipisahkan dari dunia digital dalam kesehariannya, yang mengutamakan kenyamanan, kemudahan, dan kecepatan akses,” kata Singh.  

Singh menambahkan layanan terbaru juga memberikan kemudahan dan kebebasan memilih kepada pelanggan untuk memilih layanan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Pada saat peluncuran, IM3 Ooredoo memberikan promo spesial gratis paket Fredoom Internet 3GB dan bebas biaya pengiriman bagi 1000 pelanggan pertama yang melakukan pembelian kartu perdana online. Tak hanya itu, selanjutnya semua pelanggan tetap dapat menikmati promo bebas biaya pengiriman ini hingga akhir periode promo.

Layanan pemesanan kartu prabayar melalui kanal digital sebelumnya juga dilakukan oleh PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) melalui By.U. Telkomsel mengincar 200.000 pelanggan usia muda, dengan layanan by.U.

Produk ini menawarkan sejumlah fleksibilitas kepada pelanggan baru seperti kebebasan dalam memiliki paket, nomor, layanan kuota khusus hingga pengantaran sampai ke rumah. 

Tidak hanya itu, dalam layanan terbarunya Telkomsel juga menghadirkan paket kuota murah seharga Rp50.000 untuk kuota internet 10 GB dengan pemakaian 24 jam selama 30 hari. Paket tersebut dapat diisi ulang ketika data penggunaan habis. 

Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini mengatakan produk baru tersebut dikeluarkan berdasarkan masukan dari beberapa generasi muda. 

Sebelum mengeluarkan paket, Telkomsel berusaha menjaring aspirasi dari 8.182 generasi muda melalui sebuah aplikasi beta.  Hasilnya, generasi muda menginginkan sebuah produk yang fleksibel dan dapat disesuaikan berdasarkan permintaan mereka. 

“Seperti memilih isi toping Pizza. Jadi generasi muda bisa membeli produk dengan topingnya macam-macam. Apakah untuk YouTube, instagram, MAXstream dan lain-lain,” kata Emma di Jakarta, Kamis (10/10/2019). 

Emma mengatakan sebagai perusahaan yang telah berdiri selama 24 tahun, pelanggan Telkomsel yang dahulu muda, saat ini makin bertambah usia.

Berbeda dengan Indosat, untuk memesan kartu prabayar baru ini, para calon pelanggan Telkomsel terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi by.U, yang saat ini hanya ada di Google Store.

Setelah itu, calon pelanggan akan diminta mengisi sejumlah data yang dibutuhkan, termasuk nomor induk kependudukan dan nomor kartu keluarga. 

Harga kuota utama berkisar Rp9.000 - Rp50.000 dengan isi kuota dan batas waktu yang berbeda-beda. Kemudian, jika calon pelanggan ingin menambahkan kuota khusus terhadap sejumlah aplikasi, karena pemakaian di kuota khusus tersebut besar, maka calon pelanggan harus mengeluarkan biaya tambahan dengan kisaran harga Rp8.500 - Rp12.500. 

Adapun beban biaya yang ditanggung pelanggan adalah total harga dari kustomisasi paket yang mereka buat. Setelah kustomisasi, kartu prabayar akan dikirim ke alamat pemesanan, dengan biaya pengiriman gratis. 

Saat ini cakupan pengiriman hanya mencangkup beberapa tempat antara lain, Bogor, Sukabumi, Cianjur, Depok, serta beberapa kampus yaitu Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjadjaran (Jatinangor), Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Brawijaya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
operator seluler, operator telekomunikasi

Editor : Wike Dita Herlinda
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top