Kawasan PoI Dominasi Lalu Lintas Data Pelanggan Telkomsel

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 17 September 2019 | 15:31 WIB
Pengguna Telkomsel menyaksikan perayaan Cap Go Meh di Singkawang menggunakan aplikasi Maxstream/Telkomsel
Pengguna Telkomsel menyaksikan perayaan Cap Go Meh di Singkawang menggunakan aplikasi Maxstream/Telkomsel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Seluler menilai lalu lintas data di sejumlah titik strategis atau Poin of Interest (PoI), termasuk tempat singgah, mendominasi dari total lalu lintas data di perseroan.

Vice President Network Quality and Service Management Telkomsel, Andrias Indra, mengatakan bahwa perseroan terus mengoptimalkan jaringan di wilayah PoI, sehingga pelanggan dapat selalu berkomunikasi dengan nyaman.

Adapun sejumlah titik poin yang menjadi fokus Telkomsel dalam membangun jaringan meliputi jalur transportasi utama saat momen mudik atau liburan, bandara, terminal bus, stasiun kereta, dermaga, rumah sakit, lokasi wisata, area padat populasi, pasar tradisional, dan mal.

“Di titik-titk POI ini berkontribusi sekitar 75% terhadap total trafik layanan data Telkomsel, disebabkan perilaku komunikasi pelanggan didominasi penggunaan layanan data,” kata Andrias kepada Bisnis.com, Selasa (17/9/2019).

Andrias menambahkan tingginya penggunaan layanan data antara lain dipicu oleh aktivitas pelanggan dalam mengunggah foto dan video ke media sosial serta aplikasi pesan instan, secara bersamaan di titik yang sama.

Dia menegaskan, Telkomsel berkomitmen untuk menggelar berbagai persiapan dari sisi infrastruktur maupun produk dan layanan di wilayah PoI, agar pelanggan tetap bisa menikmati layanan Telkomsel.

Menurutnya, pada tahun ini diperkirakan ada sekitar 600 titik POI yang akan menjadi fokus perhatian perseroan. Telkomsel akan menambah sejumlah compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS di titik-titik dengan lalu lintas komunikasi.

“Semua itu dilakukan untuk menjamin kenyamanan pelanggan menggunakan layanan komunikasi Telkomsel,” kata Andrias.

Tidak hanya itu, jelasnya dalam mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang umumnya terjadi sampai akhir tahun, khususnya saat momen natal hingga tahun baru, Telkomsel juga terus memperkuat seluruh elemen jaringannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper