Cara Memaksimalkan Fitur Privasi di WhatsApp

Newswire
Minggu, 15 September 2019 | 08:03 WIB
Ilustrasi WhatsApp./Bloomberg-Chris Ratcliffe
Ilustrasi WhatsApp./Bloomberg-Chris Ratcliffe
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Sebagai bentuk komitmen terhadap para penggunanya, aplikasi berbagi pesan WhatsApp menyediakan fitur-fitur penting bagi para pengguna yang ingin menjaga privasinya agar tetap terlindungi.

"WhatsApp berkomitmen untuk menjaga privasi pengguna. Komitmen itu dijalankan dengan semakin maju untuk memproteksi penggunanya," kata Sravanthi selaku Director of Communications WhatsApp sebagaimana dikutip Antara di Jakarta, Sabtu (14/9/2019).

Beberapa fitur privasi di WhatsApp yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna antara lain.

End to end encryption
Enkripsi ujung ke ujung atau End to End Encryption menunjukkan bahwa WhatsApp maupun pihak ketiga tidak bisa membaca pesan yang dikirim melalui aplikasi ini. Fitur ini memberikan privasi maksimal kepada pengguna atas percakapan yang dilakukan dengan orang lain.

Read Receipt
Ada kalanya pengguna WhatsApp butuh waktu luang untuk membalas pesan yang ada di aplikasi ini. Untuk itu, pengguna bisa memanfaatkan fitur Read Receipt dengan mengaktifkan melalui menu Pengaturan lalu pilih Akun dan pilih Privasi. Anda kemudian bisa menonaktifkan Read Receipt atau Laporan Dibaca agar tidak ada tanda yang menunjukkan bahwa Anda telah membaca pesan.

Nonaktifkan notifikasi
Fitur ini berguna bagi Anda yang ingin menonaktifkan notifikasi semua notifikasi dari pesan yang diterima. Cara mengaktifkan mudah dengan membuka menu Pengaturan lalu pilih Notifikasi.

Anda kemudian dapat menentukan notifikasi mana saja yang ingin ditampilkan. Ini berlaku bagi pesan personal maupun grup. Anda juga dapat menentukan notifikasi yang muncul di layar dalam bentuk banner, suara, atau getaran.

Two-step Verification
Two-step Verification atau Verifikasi Dua Langkah sangat berguna jika ada seseorang yang tidak dikehendaki ingin mengakses akun WhatsApp Anda sehingga kerahasiaan informasi tetap aman terjaga.

Fitur Verifikasi Dua Langkah bisa diaktifkan dengan membuka menu "Pengaturan" lalu pilih "Akun" dan pilih "Verifikasi Dua Langkah". Setelah itu, pengguna diminta untuk memasukkan enam digit PIN.

Setelah diminta membuat PIN, kemudian pengguna akan diminta mendaftarkan email yang berguna jika sewaktu-waktu lupa enam digit PIN tersebut.

Privacy
Melalui fitur ini Anda dapat membatasi siapa saja yang dapat melihat foto profil. Fitur ini juga berlaku untuk pengaturan status, Terakhir Dilihat (Last Seen), Tentang (About), hingga Lokasi Langsung (Live Location) Anda.

Cara mengaktifkan fitur WhatsApp ini dengan mengakses menu Pengaturan lalu pilih Akun, kemudian pilih Privasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara/Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper