Beda Platform, Biznet Tidak Berminat Kembangkan WiFi Satelit di Perbatasan

PT Supra Prima Nusantara (Biznet) menegaskan tidak akan menyasar daerah perbatasan dengan memberikan layanan WiFi berbayar.  
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 05 September 2019  |  14:17 WIB
Beda Platform, Biznet Tidak Berminat Kembangkan WiFi Satelit di Perbatasan
Presiden Direktur Biznet, Adi Kusma. - Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — PT Supra Prima Nusantara (Biznet) menegaskan tidak akan menyasar daerah perbatasan dengan memberikan layanan WiFi berbayar.  

Direktur Utama Biznet, Adi Kusma mengatakan perseroan belum tertarik untuk mengembangkan bisnis WiFi di perbatasan, sebab sejauh ini bisnis WiFi Biznet menggunakan serat optik, sedangkan WiFi di perbatasan membutuhkan satelit.  

Dia mengatakan satelit cocok digunakan di perbatasan sebab dapat menjangkau daerah terpencil dengan menembakan internet dari atas, tanpa harus menggelar kabel. Penggelaran kabel hingga perbatasan membutuhkan belanja modal yang tidak sedikit.  

Kemudian jumlah penduduk di perbatasan yang juga tidak terlalu banyak, menurutnya, lebih cocok menggunakan satelit.

“Kami belum ada rencana untuk layanan melalui satelit,” kata Adi kepada Bisnis.com, Kamis (5/9/2019).   

Adapun mengenai bisnis WiFi di perseroan, Adi mengatakan untuk bisnis WiFi publik, perseroan telah menggratiskannya. Masyarakat dapat memanfaatkan Free WiFi Biznet dengan  kecepatan internet hingga 5 Mbps.

Adapun bagi anggota yang terdaftar di Biznet, bisa memanfaatkan internet dengan kecepatan hingga 10 Mbps dan bagi pelanggan Biznet mendapatkan kesempatan untuk menggunakan WiFi hingga kecepatan 100 Mbps.

  “Saat ini kami bangun mungkin jumlahnya sekitar 7.000—Rp8.000 situs,” kata Adi.  

Dia mengatakan perseroan terus menambah jumlah titik WiFi dengan rata-rata 2.000 -3.000 titik per tahun. Penambahan dilakukan seiring dengan tingginya kebutuhan masyarakat akan internet.  

Adapun titik yang disasar akan pasang WiFi Biznet antara lain, sekolah, pusat perbelanjaan dan beberapa tempat berkumpul di daerah-daerah.

“Orang sekarang kalau masuk restoran kan bukan menu dahulu yang ditanya, tetapi password WiFi,” kata Adi. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
internet, wifi, biznet

Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top