Startup Laundry Asal Spanyol Ini Getol Ekspansi ke Indonesia

Deandra Syarizka
Senin, 2 September 2019 | 17:36 WIB
Salah satu gerai Mr Jeff di Meksiko. - dok. Mr Jeff
Salah satu gerai Mr Jeff di Meksiko. - dok. Mr Jeff
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Mr Jeff optimistis dapat meraih 35—50 mitra pewaralaba hingga akhir tahun ini guna mendukung perkembangan bisnisnya di Indonesia.

CEO Mr Jeff Eloi Gomez Cal menyatakan, ekspansi perusahaan rintisan laundry on demand asal Spanyol itu di Indonesia dimulai 2 bulan lalu. Saat ini, perusahaan memiliki 10 mitra pewaralaba di Jakarta. Adapun, gerai pertamanya juga akan dibuka dalam waktu dekat.

“Kami berharap Indonesia dapat termasuk dalam 5 pasar terbesar bagi kami pada masa yang akan datang. Kami baru mulai 2 bulan lalu dan outlet pertama kami akan resmi dibuka pada Oktober—November,” ujarnya, belum lama ini.

Dia menjelaskan, sistem waralaba membantu ekspansi Mr Jeff secara global dan menguntungkan perusahaan dalam menjalin kerja sama dengan mitra ritel internasional. Di Indonesia, tiap calon mitra Mr Jeff memerlukan investasi antara Rp35 juta—Rp45 juta.

Eloi menyebut model bisnis Mr Jeff berbeda dengan bisnis penatu konvensional, meskipun perusahaan menggunakan sistem waralaba untuk monetisasi. Pasalnya, selain menyediakan standardisasi jasa penatu, Mr Jeff merupakan perusahaan teknologi SaaS (software as a service)  dan mengelola mahadata dari 3 aplikasi yang dikelolanya, yaitu aplikasi untuk konsumen, mitra waralaba, dan mitra pengemudi. Ini belum termasuk platform lainnya seperti situs.

Ketiganya menghimpun data pesanan penatu yang diantar ke pintu konsumen, sekaligus memantau tingkat retensi pelanggan. Data tersebut juga digunakan perusahaan untuk mengevaluasi harga, maupun efektivitas promosi yang dilakukan untuk mendorong trafik usaha. Dengan sistem ini, Eloi mengklaim dapat menjamin pengembalian modal mitranya dalam waktu 4 bulan.

Awal tahun ini, Mr Jeff baru menghimpun pendanaan seri A senilai US$12 juta yang dipimpin oleh All Iron Ventures. Investasi ini telah dimanfaatkan untuk merekrut talenta terbaik dan membangun teknologi.

Fernando Fritz, Indonesia Expansion Executive Mr Jeff, menyatakan saat ini perusahaan  juga sedang memproses ekspansi internasional dengan lebih dari 370 toko bernama Mr Jeff Hub. Perusahaan telah memiliki lebih dari 1.600 gerai di 20 negara di Amerika Latin, Eropa, dan Asia Tenggara. (Deandra Syarizka)s

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper