Tunggu Ekosistem HarmonyOS Matang, Gawai Huawei Masih Akan Pakai Android

Huawei memastikan bahwa HarmonyOS, sistem operasi yang ringan dan ringkas dengan fungsi yang kuat besutan Huawei, tidak akan diterapkan dahulu di gawai Huawei.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 28 Agustus 2019  |  01:35 WIB
Tunggu Ekosistem HarmonyOS Matang, Gawai Huawei Masih Akan Pakai Android
Huawei Mate X - Rahmat Subiyanto

Bisnis.com, JAKARTA- Huawei memastikan bahwa HarmonyOS, sistem operasi yang ringan dan ringkas dengan fungsi yang kuat besutan Huawei, tidak akan diterapkan dahulu di gawai Huawei.

James Lu, Senior Manager EMUI Product Marketing di Huawei Consumer Business Group menilai sejauh ini ekosistem Android milik Google masih lebih baik dibandingkan sistem buatan mereka.

Lu mengatakan butuh beberapa waktu lagi sebelum sistem ini benar-benar siap untuk dipakai oleh para pengguna gawai Huawei. Dia menegaskan bahwa Huawei masih akan menggunakan sistem Android.

""Butuh waktu bagi ekosistem baru untuk tumbuh. Karena sembari pengguna menggunakan Android, di waktu bersamaan kami bisa menumbuhkan ekosistem HarmonyOS," kata Lu di Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Lu menambahkan adapun jika pemerintah AS tidak membolehkan Huawei menggunakan teknologi milik mereka, HarmonyOS siap digunakan.

HarmonyOS dilengkapi dengan Sistem operasi perangkat pertama dengan arsitektur terdistribusi, menghadirkan pengalaman tanpa batas di seluruh perangkat dengan mengadopsi arsitektur terdistribusi dan teknologi virtual bus yang terdistribusi.

Dengan HarmonyOS, pengembang aplikasi tidak perlu berurusan dengan teknologi yang mendasari aplikasi terdistribusi, menjadikan mereka mampu tetap fokus terhadap logika servis individual yang ada.

HarmonyOS juga dilengkapi dengan Mesin Laten Deterministik dan performa tinggi IPC, yang akan mengatasi kinerja buruk.

Mesin Deterministic Latensi juga akan menetapkan prioritas dan batasan waktu pelaksanaan tugas untuk penjadwalan di awal.

Sumber daya akan cenderung mengarah ke tugas dengan prioritas lebih tinggi, mengurangi latensi respons aplikasi hingga mencapai 25,7 %. Mikrokernel ini dapat membuat kinerja IPC hingga lima kali lebih efisien daripada sistem yang ada.

Kemudian dari sisi keamanan, desain Mikronel HarmonyOS menggunakan metode verifikasi formal untuk membentuk kembali keamanan dan kepercayaan dari bawah ke atas di Trusted Execution Environment (TEE).

HarmonyOS adalah OS pertama yang menggunakan verifikasi formal di perangkat TEE, yang secara signifikan meningkatkan keamanan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
smartphone, huawei

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top