Bayar PNBP SIM di Jakarta Barat Kini Bisa Pakai Gopay

Deandra Syarizka
Senin, 26 Agustus 2019 | 17:11 WIB
SIM Keliling/TMCPoldaMetro
SIM Keliling/TMCPoldaMetro
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Guna meningkatkan layanan publik, Polda Metro Jaya menghadirkan metode pembayaran nontunai untuk pembuatan dan perpanjangan SIM.

Dalam menghadirkan inovasi ini, Polda Metro Jaya menggandeng GoPay sebagai salah satu platform uang elektronik yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Dengan kerja sama ini, Polda 1 Metro Jaya menjadi Polda pertama yang menerapkan metode pembayaran nontunai untuk transaksi pengumpulan (Penerimaan Negara Bukan Pajak) PNBP dalam bentuk SIM.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf mengungkapkan, Polda Metro Jaya terus berupaya meningkatkan layanan publik salah satunya dengan mengikuti perkembangan teknologi.

Kali ini, pihaknya menggandeng GoPay menghadirkan inovasi pembayaran nontunai untuk pembuatan dan perpanjangan SIM.

“ Kami berharap inovasi ini akan membantu kami menciptakan layanan publik yang cepat, aman, mudah, dan transparan sehingga masyarakat pun juga bisa semakin percaya dengan kinerja pelayanan publik,” ujarnya, seperti dikutip dari siaran pers, Senin (26/8/2019).

 Kombes Pol Yusuf menambahkan bahwa sebagai bagian dari langkah awal, layanan transaksi nontunai untuk pembayaran PNBP SIM sudah bisa dimanfaatkan masyarakat di Satpas Ditlantas Polda Metro Jaya Daan Mogot Jakarta Barat.

Ke depannya, inovasi ini juga akan diterapkan di wilayah Polda Metro Jaya lainnya, termasuk layanan SIM keliling dan gerai pelayanan Satpas.

Pengguna yang ingin melakukan pembayaran PNBP SIM, baik untuk membuat baru maupun memperpanjang, cukup membuka aplikasi Gojek dan memilih menu “Bayar” untuk melakukan scan kode QR yang tersedia pada loket pembayaran PNBP SIM, memasukkan jumlah yang ingin dibayarkan dan melakukan konfirmasi pembayaran.

Head of Ecosystem Expansion GoPay, Edwin Ariono mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi terjalinnya kerja sama antara Gojek, GoPay, dengan Polda Metro Jaya.

Perusahaan juga  merasa terhormat dapat menjadi bagian dari upaya Polda Metro Jaya dalam meningkatkan layanan publik melalui teknologi pembayaran nontunai.

“ Melalui kerja sama ini, kami tidak hanya berupaya untuk memudahkan masyarakat namun juga pemerintah dan kepolisian dalam mengumpulkan PNBP sehingga menjadi lebih aman dan transparan,” ujarnya.

Sebelumnya, Gojek dan GoPay telah menjalin kerja sama di tingkat kota dan kabupaten dengan Polres di 9 kota di Indonesia untuk memberikan kemudahan pembayaran perpanjangan SIM.

Kerja sama dengan Polda Metro Jaya kali ini menghasilkan inovasi pertama untuk 2 transaksi pembuatan SIM menggunakan metode pembayaran nontunai.

Edwin pun berharap bahwa kemudahan pembayaran PNBP SIM ini ke depannya juga bisa dirasakan oleh masyarakat di wilayah lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper