Gandeng Alibaba Cloud, Tokopedia Tingkatkan Pengalaman Belanja Para Pelanggan

Tokopedia mengumumkan kerja sama dengan Alibaba Cloud untuk menawarkan pengalaman berbelanja yang lebih personal bagi konsumen,  dengan dukungan teknologi komputasi awan (cloud computing)  dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 06 Agustus 2019  |  16:15 WIB
Gandeng Alibaba Cloud, Tokopedia Tingkatkan Pengalaman Belanja Para Pelanggan
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (kanan) berbincang dengan Alibaba Cloud General Manager of Singapore and Indonesia Leon Chen, di sela-sela acara Hello Indonesia 2019, di Jakarta, Rabu (9/1/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA — Tokopedia mengumumkan kerja sama dengan Alibaba Cloud untuk menawarkan pengalaman berbelanja yang lebih personal bagi konsumen,  dengan dukungan teknologi komputasi awan (cloud computing)  dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Dengan kerja sama tersebut,  kedua belah pihak akan mengembangkan teknologi AI eksklusif untuk mengoptimalkan hasil pencarian pada platform Tokopedia, sehingga lebih akurat.  

Herman Widjaja, Senior Vice President Tokopedia, menjelaskan  kerja sama tersebut juga memberi pengalaman menonton video di platform Tokopedia, yang lebih stabil dan lancar dan keamanan saat berbelanja di Tokopedia karena dukungan jaringan dari Alibaba Cloud.

Di samping itu, sambungnya, pengguna juga akan merasakan waktu tunggu (loading) yang lebih singkat, dan respons website yang jauh lebih cepat.

“Solusi yang diberikan oleh database Alibaba Cloud memungkinkan penjual untuk merancang produk dan layanan yang lebih personal, sehingga dapat memenuhi permintaan konsumen individual yang berbeda-beda,” kata Herman dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Selasa (6/8/2019).  

Leon Chan, Country Manager Alibaba Cloud Indonesia mengatakan sebagai satu-satunya penyedia layanan cloud publik global di Indonesia, Alibaba sangat menghargai pelanggan di Indonesia, salah satunya dibuktikan dengan teknologi canggih dan keahlian yang dimiliki oleh Alibaba.

“Kami siap mendukung mereka dan para pelaku usaha dengan solusi e-commerce yang komprehensif," Leon.

Alibaba Cloud telah melayani 19 wilayah regional dengan 56 zona ketersediaan secara global dan dinobatkan Gartner penyedia layanan cloud publik nomor satu di APAC dan nomor tiga secara global.

Untuk memenuhi permintaan terhadap transformasi digital, sejak tahun lalu Alibaba Cloud telah memiliki dua pusat data di Indonesia, dan bekerja sama dengan mitra lokal untuk menawarkan solusi canggih di berbagai bidang industri.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
alibaba

Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top