Bisnis Kamera, Nikon Pertahankan Pangsa Pasar

Novita Sari Simamora
Kamis, 18 Juli 2019 | 18:13 WIB
Kamera mirrorless full frame Nikon Z6 saat dipamerkan pada peluncurannya di Jakarta, Rabu (24/10/2018)./Bisnis-Dhiany Nadya Utami
Kamera mirrorless full frame Nikon Z6 saat dipamerkan pada peluncurannya di Jakarta, Rabu (24/10/2018)./Bisnis-Dhiany Nadya Utami
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Persaingan antarprodusen kamera kini semakin sengit. Tidak mengherankan jika produsen kamera gencar merilis produk-produk baru dengan kecanggihan baru.

Hal tersebut juga dilakukan Nikon untuk mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar. Beberapa tahun ini pangsa Nikon tergerus maraknya brand-brand kamera yang menawarkan varian baru. Meningkatnya persaingan di dalam negeri dan munculnya produk-produk baru menjadi tanda bahwa pasar fotografi di Indonesia cukup menggairahkan.

Manajer Marketing Nikon Indonesia Danu Sagoro mengungkapkan pasar fotografi di Indonesia akan terus berkembang walaupun beberapa tahun terakhir mengalami penurunan. Kian maraknya brand-brand kamera akan terus mengembangkan pasar fotografi di Indonesia.

Untuk mempertahankan pangsa pasar, Nikon mengeluarkan produk baru Nikon Z7 dan Z6. Kedua model ini adalah kamera mirrorless fullframe professional pertama yang dimiliki Nikon. Dalam catatan Bisnis, pangsa pasar Nikon sempat mencapai 42 persen pada lima tahun silam.

"Dengan Nikon Z ini Nikon optimistis untuk meningkatkan posisi penjualan dibanding tahun-tahun lalu," ungkap Danu kepada Bisnis baru-baru ini.

Nikon Z7 dan Nikon Z6 dilengkapi mesin pemrosesan gambar Expeed 6. Nikon Z6 yang merupakan kamera all-purpose FX-format yang ditujukan bagi penggemar fotografi atau photo-enthusiast, terutama mereka yang baru mulai mencoba beralih ke mirrorless.

Nikon Z adalah sistem baru dari teknologi imaging Nikon. Nikon Z system menawarkan mounting lensa extra lebar 55” (paling lebar dibanding merek lain di dunia kamera digital). Kelebihan dari mounting lensa lebar ini akan memaksimalkan masuknya cahaya dari lensa ke sensor.

Dengan mounting lensa besar ini memungkinkan Nikon memproduksi lensa-lensa dengan bukaan extra besar seperti lensa  F0.95 yang akan diluncurkan akhir tahun ini

Nikon Z6 hadir dengan kualitas piksel efektif sebesar 24,5 megapiksel, serta mendukung rentang sensitivitas standar yang luas dengan ISO 100–51.200 dengan reduksi tambahan bisa mencapai nilai setara ISO 50 dan ekspansi setara ISO 204800.

Nikon Z7 memiliki 493 titik-titik fokus, sedangkan untuk Nikon Z6 terdapat 273 titik sehingga keduanya memiliki cakupan area imaji lebih luas, yakni mencapai 90 persen dari keseluruhan area bidikan, baik secara horizontal maupun vertikal, dibandingkan dengan kamera lain di kelasnya.

Danu mengungkapkan, Nikon cukup dikenal sebagai produsen kamera profesional dan akan terus menawarkan solusi fotografi untuk konsumen. Menurutnya, kelebihan yang tetap dipertahankan Nikon adalah fokus pada kualitas gambar dan durability kamera itu sendiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper