Kemenperin Beri Masukan Soal Rencana Aturan IMEI

Kementerian Perindustrian tengah menyiapkan beberapa masukan terkait dengan rancangan aturan International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang ditargetkan terbit pada 17 Agustus 2019.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 15 Juli 2019  |  15:57 WIB
Kemenperin Beri Masukan Soal Rencana Aturan IMEI
Siswa menggunakan gawai saat mengerjakan soal UASBN 2019 di SMA Negeri 9 Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (18/3/2019). SMA Negeri 9 Kota Bandung tersebut mulai menerapkan penggunaan teknologi smart router dalam pelaksanaan UASBN. - ANTARA/Novrian Arbi

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perindustrian tengah menyiapkan beberapa masukan terkait dengan rancangan aturan International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang ditargetkan terbit pada 17 Agustus 2019.

Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kemenperin Janu Suryanto mengatakan Kemenperin mengusulkan agar pihaknya berfungsi sebagai lembaga yang menerima daftar registrasi IMEI dari produsen dan importir ponsel.

Usulan tersebut akan diajukan saat rapat bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang akan digelar pekan ini.

"Minggu depan [pekan ini], kita rapat lagi dengan Kemenkominfo. Kemenperin juga segera siapkan [Regulatory Impact Analysis] RIA-nya," ujar Janu kepada Bisnis.com, akhir pekan lalu.

Seperti halnya Kemenkominfo, lanjutnya, Kemenperin juga yakin bahwa aturan tersebut dapat rampung pada 17 Agustus mendatang.

Kepala Subdirektorat Industri Peralatan Informasi dan Komunikasi, Perkantoran, dan Elekronika Profesional Kemenperin Najamudin mengatakan bahwa pengesahan aturan IMEI siap terealisasikan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati.

"Yang pasti, tanggal 17 Agustus kami akan tandatangan. Kalau [berapa] persen [progresnya], ya, sudah 50% lebih,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
smartphone

Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top