Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ilustrasi pengguna sedang mengetik kode siber. - Reuters/Kacper Pempel
Premium

Sudah Sejauh Mana Penyusunan UU Perlindungan Data Pribadi?

12 Juli 2019 | 11:58 WIB
Meski urgensi keberadaan UU Perlindungan Data Pribadi sudah diakui, tapi belum terlihat tanda-tanda beleid itu akan selesai pembuatannya dalam waktu dekat.

Bisnis.com, JAKARTA -- Hingga awal Juli 2019, draf RUU Perlindungan Data Pribadi masih ada di tangan pemerintah. Proses sinkronisasi antar kementerian diklaim masih berlangsung.

“Sebenarnya enggak ada kendala sih, tinggal menunggu approval dari kementerian dan DPR. [Poin-poin pentingnya] Prinsip-prinsip data pribadi. Jadi, data kalau mau ditransfer syaratnya seperti apa,” ujar Direktur Pengendalian Informasi Aplikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Riki Arif Gunawan, Jumat (5/7/2019).

Dia menuturkan nantinya, UU Perlindungan Data Pribadi (PDP) hanya akan mengatur pengumpulan dan penggunaan data pribadi oleh perusahaan. Beleid itu tak akan mengatur perlindungan data seseorang yang digunakan individu selain dirinya.

Regulasi itu juga berkiblat pada aturan perlindungan data pribadi milik Uni Eropa (UE), yakni General Data Protection Regulation (GDPR).

Meski belum jelas progres pembuatannya sejauh ini, RUU PDP diyakini bisa selesai dibahas sebelum 2019 berakhir. Keyakinan itu salah satunya disampaikan Anggota Komisi I DPR Meutya Hafid.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top