Penurunan Jumlah Pelanggan Diduga Penyebab Jaringan Internet Indosat Membaik

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 8 Juli 2019 | 14:41 WIB
Karyawan melayani pelanggan di gerai Indosat Ooredoo, Jakarta, Rabu (2/1/2019)./Bisnis-Endang Muchtar
Karyawan melayani pelanggan di gerai Indosat Ooredoo, Jakarta, Rabu (2/1/2019)./Bisnis-Endang Muchtar
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah pengamat telekomunikasi menduga peningkatan kualiatas layanan internet Indosat Ooredoo disebabkan oleh berkurangnya pelanggan Indosat, bukan peningkatan kualitas jaringan.

Berdasarkan laporan Opensignal Juli 2019, kecepatan rata-rata pengunduhan Indosat Ooredoo sebesar 4,8 Mbps, naik 1,6 Mbps dibandingkan laporan sebelumnya pada Desember 2018.

Adapun, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, tumbuh 1,7 Mbps dari 3,18 Mbps pada Juni 2018.  Kemudian untuk kecepatan unggah 4G, kecepatan Indosat Ooredoo tercatat sekitar 3 Mbps, naik 0,34 Mbps dibandingkan akhir 2018.

Opensignal, sebuah perusahaan swasta yang mengkhususkan diri dalam pemetaan cakupan nirkabel, telah menganalisis pengalaman seluler mulai 1 Februari - 1 Mei 2019, untuk menilik kinerja lima operator utama di Indonesia. Penelitian Opensignal melibatkan 3,3 juta perangkat, dengan total pengukuran sebanyak 4,5 miliar kali.

Etta Rusdiana Senior Market Analyst Kresna Sekuritas berpendapat bahwa kenaikan kecepatan data tidak selalu didorong oleh peningkatan kapasitas jaringan, namun juga jumlah pengguna atau pelanggan.

Menurutnya, layanan data akan menjadi cepat jika jumlah pengguna layanan di suatu tempat sedikit, sehingga trafik menjadi lebih longgar.

Dia menilai dalam kasus peningkatan kecepatan rata-rata pengunduhan di Indosat, disebabkan  perpaduan antara peningkatan kualitas jaringan  dan berkurangnya jumlah pelanggan pada kuartali I/2019.

“[Peningkatan kecepatan data] Indosat kombinasi antara jaringan nambah dan [jumlah] pelanggan turun. Bisa dilihat laporan  kuartal I/2019 dibandingkan dengan kuartal I/2018,” kata Etta.

Senada, Direktur Eksekutif Information and Communication Technology (ICT) Institute Heru Sutadi juga menduga bahwa peningkatan kecepatan Internet di Indosat disebabkan oleh jumlah pelanggan yang terpangkas, akibat regulasi regristrasi kartu perdana.  

“Kalau indosat memang ada indikasi penurunan jumlah pengguna. Makanya sekarang tidak lagi di posisi kedua [jumlah pelanggannya] di bawah Telkomsel,” kata Heru.

Sebelumnya, dalam laporan keuangan Indosat Ooredo pada kuartal 1/2019 disebutkan bahwa jumlah pelanggan Indosat pada kuartal I/2019 sebesar 53,3 juta pelanggan merosot sebesar 44,6% dibandingkan dengan kuartal I/2018 yang sebanya 96,2 juta jiwa.

Diketahui penurunan basis pelanggan disebabkan oleh implementasi aturan terkait registrasi kartu perdana yang diterapkan pada 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper