Bertolak ke Riyadh, Menkominfo Rudiantara Perkuat Kerja Sama Digital dengan Arab Saudi

Stefanus Arief Setiaji
Rabu, 3 Juli 2019 | 13:05 WIB
Menkominfo Rudiantara./Bisnis-Dhiany Nadya Utami
Menkominfo Rudiantara./Bisnis-Dhiany Nadya Utami
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bertolak ke Arab Saudi untuk melakukan kunjungan kerja dan menggelar penandatanganan nota kerja sama Antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi terkait dengan ekonomi digital.

Melalui keterangan resminya, Rabu (3/7/2019), kerja sama dengan Arab Saudi nantinya akan turut mendorong visi Indonesia untuk menjadi Energi Digital Asia pada 2020, termasuk dalam memperkuat upaya Arab Saudi memperkuat pengembangan sektor industri non-minyak.

Rudiantara mengatakan bahwa investasi Arab Saudi pada sektor digital bertujuan untuk pengembangan unicorn baru di Indonesia.

“Manfaat lain dari kolaborasi digital ini adalah dalam pertukaran informasi, pengalaman, dan pengetahuan oleh ahli. Dan Indonesia dapat melakukan penetrasi terhadap produk atau teknologi digital ke Arab Saudi. Kominfo akan menggandeng sebanyak mungkin wirausahawan muda, pelaku industri startup dan UKM terpilih untuk berpartisipasi dalam kerja sama selama 5 tahun ke depan,” ujarnya.

Inisiasi kerja sama sendiri telah dilakukan sejak pertemuan G20 Meeting di Dussedorf, Jerman pada 2017 dan terus dibahas dalam sejumlah pertemuan.

Pengalaman Indonesia dalam mendorong pertumbuhan industri digital yang ditandai dengan munculnya empat unicorn menarik perhatian Arab Saudi.

"Pengembangan kerja sama akan melibatkan dua Unicorn Indonesia, Traveloka dan Tokopedia. Mereka secara khusus datang untuk berbagi pengalaman secara langsung dengan pemerintah Arab Saudi", tambah Rudiantara. 

Selain penandatangan kerja sama, sejumlah pertemuan juga dilakukan untuk membahas rencana kolaborasi digital di antaranya tentang Umrah Digital Enterprise, pengembangan 1.000 Inovasi Digital, serta pembentukan Satgas Digital.

Dalam waktu dekat, NextICorn juga akan melakukan roadshow ke Arab Saudi dengan membawa sejumlah startup Indonesia yang paling berpotensi untuk mendapatkan investasi.

Selama di Arab Saudi, Menkominfo dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke The King Abdulaziz City for Science and Technology (KACST) dan MiSK Foundation. Kunjungan dilakukan untuk bertukar pengalaman dan informasi tentang pengembangan ekonomi digital dua negara.

Dalam kunjungannya kali ini, hadir mendampingi Menkominfo, Staf Khusus Menkominfo Bidang PMO dan Ekonomi Digital Lis Sutjiati, dan Staf Khusus Bidang Hukum dan Regulasi Strategis, Danrivanto Budhijanto. Hadir pula perwakilan Traveloka dan Tokopedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper