Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Whatsapp Dominasi Chatting di Indonesia, Penetrasinya 83 Persen

Tidak dapat dipungkiri aplikasi pesan instan cukup membantu komunikasi antar pengguna gadget termasuk di Indonesia. Perkembangan ini menyebabkan semakin menjamurnya aplikasi perpesanan daring ini.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 02 Juli 2019  |  19:38 WIB
Aplikasi WhatsApp terlihat di layar ponsel. - Reuters/Thomas White
Aplikasi WhatsApp terlihat di layar ponsel. - Reuters/Thomas White

Bisnis.com, JAKARTA – Tidak dapat dipungkiri aplikasi pesan instan cukup membantu komunikasi antar pengguna gadget termasuk di Indonesia. Perkembangan ini menyebabkan semakin menjamurnya aplikasi perpesanan daring ini.

Lalu, dari banyaknya pilihan layanan perpesanan tersebut, aplikasi mana yang paling banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia?

Banyak aplikasi chatting yang memiliki fitur-fitur menarik dan dapat diunduh secara gratis, namun kecanggihan dan keunikan fitur yang diberikan tidak menjamin aplikasi tersebut menjadi populer dan banyak digunakan oleh orang Indonesia.

Portal diskon Cuponation Indonesia merilis hasil riset sejumlah aplikasi chatting popular di Indonesia.

Hasilnya berdasarkan studi yang dilakukan Statista pada kuartal 3 tahun 2018 menunjukkan Whatsapp menjadi aplikasi chatting yang paling popular dibandingkan dengan yang lain.

Aplikasi tersebut tercatat memiliki tingkat penetrasi terhadap pengguna hingga 83%. Tingkat penetrasi ini melambangkan persentase dari jumlah pengguna aplikasi chatting dan total pengguna aktif sosial media di Indonesia.

Pun begitu, meski pengguna memiliki beberapa aplikasi chatting sekaligus, Whatsapp masih lebih sering digunakan dibandingkan dengan yang lain.

Sementara itu, di posisi kedua diduduki oleh Line dengan tingkat penetrasi hingga 59%. Catatan tersebut disusul oleh Facebook Messenger dengan tingkat penetrasi 47%.

Blackberry Messenger (BBM) sejatinya memiliki tingkat pengguna yang terbilang masih tinggi dengan penetrasi mencapai 38%. Namun demikian sejak 31 Mei 2019 aplikasi itu menutup layanan konsumennya.

Adapun pada posisi kelima, WeChat ikut mencatatkan namanya sebagai salah satu perpesanan instan yang digunakan di Indonesia dengan tingkat penetrasi hingga 28%.

Berikut adalah daftar aplikasi chatting yang paling populer di Indonesia yaitu:

1. Whatsapp -- tingkat penetrasi 83%

2. Line -- tingkat penetrasi 59%

3. Facebook Messenger -- tingkat penetrasi 47%

4. BBM -- tingkat penetrasi 38%

5. WeChat -- tingkat penetrasi 28%

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

media sosial whatsapp chatting
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top