Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Google Prediksi Tren Iklan Digital Tanah Air Naik Dalam Beberapa Tahun Ke Depan

Tren periklanan digital di Indonesia diperkirakan bakal meningkat dalam beberapa tahun ke depan.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 20 Juni 2019  |  18:58 WIB
Logo Google terlihat di luar kantor perusahaan teknologi tersebut di Beijing, China, Rabu (8/8). - Reuters/Thomas Peter
Logo Google terlihat di luar kantor perusahaan teknologi tersebut di Beijing, China, Rabu (8/8). - Reuters/Thomas Peter
Bisnis.com, JAKARTA -- Tren periklanan digital di Indonesia diperkirakan bakal meningkat dalam beberapa tahun ke depan.
 
Fibriyani Elastria, Head of Consumer PT Google Indonesia, mengatakan peningkatan tersebut dipengaruhi oleh kesadaran brand lokal untuk go digital yang semakin besar.
 
Menurutnya, hal tersebut dapat dilihat dari semakin meluasnya para pengguna internet di Indonesia yang tidak lagi hanya tersebar di kota-kota besar, tetapi juga kota-kota kecil.
 
"Kalau kita lihat trennya, pengguna internet sudah tidak hanya terpusat di kota-kota besar, tetapi juga ke kota-kota kecil. Seperti misalnya Kekeyi, akun Youtube make up balon asal Nganjuk (Jawa Timur). Akun tersebut kini sudah fenomenal di Youtube dengan jumlah subscriber mencapai angka ratusan ribu dalam waktu singkat," jelasnya.
 
Namun demikian, Fibriyani mengaku terkadang masih muncul kebingungan dan ketidakyakinan.
 
Terkait dengan hal itu, Google sebagai salah satu partisipan di Mobile Marketing Asosiation (MMA) melakukan pendekatan edukatif melalui ajang-ajang yang ditujukan kepada brand dan agensi yang bermitra dengan brand, guna membantu mereka memahami hal-hal yang perlu dilakukan dalam dunia digital.
 
MMA merupakan asosiasi yang merangkul berbagai merek dan agensi periklanan asli Tanah Air dalam rangka memperbarui proses branding yang masih diterapkan menggunakan metode tradisional menjadi metode digital yang lebih mutakhir,
 
"Dalam event-event itu, kita memberikan materi yang sesuai dengan level masing-masing brand dan agensi, mulai dari yang pemula sampai dengan yang sudah advance. Di situ kita kasih mereka materi-materi yang membuat mereka menjadi lebih paham mengenai tools yang bisa digunakan, yang google bisa bantu, untuk membuat konten yang lebih relevan, atau untuk melakukan measurement. Itu salah satu effort yang kami lakukan," ujar Fibriyani.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

iklan digital
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top