Google Pixel 4 Bakal Tinggalkan Sistem Kamera Utama Tunggal?

Syaiful Millah
Senin, 17 Juni 2019 | 09:00 WIB
Gambar smartphone Pixel 4 yang diunggah akun resmi Twitter Google
Gambar smartphone Pixel 4 yang diunggah akun resmi Twitter Google
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Raksasa teknologi Google tengah bersiap meluncurkan produk ponsel pintar (smartphone) terbarunya yakni Google Pixel 4.

Pixel 4 menjadi salah satu satu ponsel pintar yang paling dinanti kehadirannya. Pasalnya, ponsel generasi sebelumnya, yakni Google Pixel 3 mendapatkan respon positif dari masyarakat termasuk juga para influencer.

Akan tetapi, hingga saat ini masih belum banyak informasi pasti mengenai produk teranyar dari Google. Adapun, berikut ini adalah beberapa rumor yang tersebar mengenai Google Pixel 4 seperti dilansir Business Insider.

Kamera belakangnya menggunakan sistem dual kamera

Belum lama ini, Google memposting sebuah gambar di akun Twitter dengan tagar Pixel4 yang menampilkan gambar sebuah ponsel pintar tampak depan dan belakang.

Pada gambar tersebut, bisa dilihat bahwa pada bagian belakangnya Google Pixel 4 terdapat sebuah kotak dengan sistem kamera dua lensa. Berbeda dengan Google Pixel 3 yang menggunakan kamera tunggal, tampaknya generasi terbarunya akan memiliki 2 lensa.

Salah satu lensanya akan menjadi kamera utama sementara yang lainnya diperkirakan merupakan lensa ultra wide angle karena sejak generasi sebelumnya Google telah menyematkan kemampuan zoom buatan dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Tidak menyematkan sensor sidik jari

Dilihat pada gambar yang sama dari postingan Google di Twitter-nya, tidak terlihat ada sensor pemindai sidik jari di bagian belakang. Memang, masih ada kemungkinan Google akan mengadopsi sensor sidik jadi dalam layar (in display fingerprint) seperti beberapa ponsel premium dari vendor lain.

Akan tetapi, salah seorang konten creator Youtube Lewis Hilstenteger berpendapat bahwa Pixel 4 memiliki bezel atas yang relatif lebih besar sehingga Google dapat memuat banyak sensor untuk pengenalan wajah.

Hal tersebut diartikan bahwa Google akan menggunakan sistem ID wajah bergaya iPhone yang menggunakan beberapa jenis sensor untuk memetakan wajah dengan aman untuk membuka ponsel.

Mengontrol beberapa hal menggunakan gesture

Google tampaknya menambahkan cip radar khusus dengan nama sandi Project Soli di Pixel 4 yang dimaksudkan untuk mengontrol elemen-elemen tertentu dari ponsel tanpa menyentuh atau lewat suara tetapi dengan gestur.

Fitur ini memang telah digunakan oleh beberapa ponsel pintar dari vendor lain seperti Samsung Galaxy dan G8 dari LG. Tak menutup kemungkinan Google mengembangkan fitur serupa dengan sentuhan khas perusahaan.

Menggunakan prosesor paling unggul

Google Pixel 4 diyakini banyak orang bakal dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 855 yang merupakan cip paling unggulan pada tahun ini.

Selain itu, banyak yang memperkirakan ponsel anyar ini bakal memiliki spesifikasi RAM minimal 6 GB. Berbeda dengan Pixel 3 yang masih menyediakan varian RAM 4 GB.

Dirilis pada Oktober tahun ini

Perusahaan teknologi yang bermarkas pusat di California ini biasanya merilis Pixel terbarunya pada Oktober, sehingga Pixel 4 juga diharapkan demikian. Sementara mengenai kisaran harganya hingga saat ini belum ada yang memberikan informasi atau tanggapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper