Universitas Indonesia Tingkatkan Kapabilitas Teknologi Tanah Air

Universitas Indonesia (UI) melalui Direktorat Pengelolaan dan Pengembangan Unit-Unit Usaha UI (DPPU UI) menjalin kerja sama strategis dengan salah satu transportasi online,  dalam rangka mendukung pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat di UI.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 16 Mei 2019  |  16:26 WIB
Universitas Indonesia Tingkatkan Kapabilitas Teknologi Tanah Air
Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met., bersama mitra kerjanya - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) melalui Direktorat Pengelolaan dan Pengembangan Unit-Unit Usaha UI (DPPU UI) menjalin kerja sama strategis dengan salah satu transportasi online,  dalam rangka mendukung pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat di UI.

Sejumlah startup potensial hasil inkubasi sivitas akademika UI akan dibina melalui program bernama Program Akselerator “UI Works” dengan menggandeng Code Margonda sebagai partner penyelenggara. Program ini diperuntukkan bagi sivitas akademika UI serta anak muda lainnya di luar UI yang memiliki usaha rintisan dengan syarat : setidaknya telah memiliki prototype atau Beta version dari produknya.

Adapun program Akselerator “UI Works” terbagi menjadi tiga tahapan: (1) Pra-Akselerator; (2) Akselerator; dan (3) Demo Day. Pada Tahap (1) Pra-Akselerator, calon peserta akan mengikuti serangkaian seleksi hingga pada akhirnya akan terpilih startup unggulan. Selanjutnya, pada Tahap (2) Akselerator, peserta akan mengikuti program intensif selama kurang lebih empat bulan untuk mengembangkan startup masing-masing dengan fokus siap komersialisasi.

Pelaku usaha yang telah berhasil dalam usaha rintisan dan bisnis wirausaha akan diundang untuk melatih peserta. Puncak dari Program Akselerator ialah Tahap (3) Demo Day, dimana para peserta binaan akan dipertemukan dengan para investor yang siap membina dan mengembangkan bisnisnya. 

Lebih lanjut, Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met., “Sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, UI memiliki komitmen untuk memajukan bangsa melalui semangat riset dan inovasi. Saat ini, UI juga gencar mendukung mahasiswa untuk menciptakan startup sehingga kelak lulusan kami pun dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. .”.

Selain pembinaan startup, kerja sama ini juga mencakup program Engineering Talent Future Leader, dimana mahasiswa UI jurusan teknik tingkat akhir dapat mengikuti seleksi dan berkesempatan magang di kantor transportasi online itu mulai tanggal 16 Mei 2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
universitas indonesia

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top