Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Telkomsel Tidak Punya Rencana Akuisisi Operator Seluler

PT Telekomunikasi Indonesia memastikan tidak akan melakukan akuisisi perusahaan operator seluler dalam waktu dekat. Merger dan akuisisi merupakan salah satu cara dalam membuat iklim persaingan di industri telekomunikasi semakin sehat.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 01 Mei 2019  |  22:29 WIB
Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah (tengah) berbincang dengan Direktur Sales Sukardi Silalahi (kiri) dan Direktur Network Bob Apriawan sebelum penjelasan tentang jaringanTelkomsel Siaga, di Denpasar, Bali, Selasa (30/4/2019) malam. - Bisnis/Endang Muchtar
Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah (tengah) berbincang dengan Direktur Sales Sukardi Silalahi (kiri) dan Direktur Network Bob Apriawan sebelum penjelasan tentang jaringanTelkomsel Siaga, di Denpasar, Bali, Selasa (30/4/2019) malam. - Bisnis/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA-  PT Telekomunikasi Indonesia memastikan tidak akan melakukan akuisisi perusahaan operator seluler dalam waktu dekat. Merger dan akuisisi merupakan salah satu cara dalam membuat iklim persaingan di industri telekomunikasi semakin sehat.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah berpendapat idelnya jumlah operator seluler yang terdapat di Indonesia  sebanyak tiga atau empat. Adapun dengan lima operator seluler yang berada hingga saat ini, dinilai berlebihan.

Adapun anak usaha dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. tersebut, sambungnya, belum memiliki rencana untuk melakukan konsolidasi atau mengakuisisi perusahaan lain.

"Kita lihat saja nanti perkembangannya. Ada beberapa rambu yang harus dipatuhi," ujar Ririek di Bali, Selasa (30/4/2019).

Ririek menuturkan konsolidasi sejatinya menyatukan dua atau lebih perusahaan seluler menjadi satu entitas. Konsolidasi, sambungnya, bukan sekadar menyatukan jaringan, berbagi infrastruktur atau frekuensi.

Dia berharap sebuah perusahaan yang telah melakukan konsolidasi, memanfaatkan spektrum yang dimiliki membangun jaringan secara nasional bukan hanya fokus pada daerah tertentu dengan jumlah spektrum yang dimiliki.

"Jangan sampai terjadi penumpukan spektrum pada satu operator. Spektrum merupakan resources terbatas. Pemerintah perlu merumuskan bagaimana formulasinya [spektrum] yang akan memudahkan konsolidasi ke depannya," kata Ririek.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top