Startup Indonesia Aruna Menangi Alipay-NUS Enterprise Social Innovation Challenge

Aruna terpilih berdasarkan penggunaan teknologi digital dalam membantu nelayan di Indonesia untuk meningkatkan mata pencaharian mereka melalui akses pasar yang lebih baik dan peluang penjualan yang lebih adil.
Deandra Syarizka | 19 April 2019 17:09 WIB

Bisnis.com, JAKARTA— Startup penyedia solusi perikanan dan kelautan Aruna, menjadi pemenang Alipay-NUS Enterprise Social Innovation Challenge, kompetisi yang diselenggarakan oleh Alipay.

Alipay adalah platform pembayaran dan gaya hidup yang dioperasikan oleh Ant Financial Services Group (Ant Financial), bersama dengan NUS Enterprise, divisi kewirausahaan di Nasional University of Singapore (“NUS”).

Aruna terpilih berdasarkan penggunaan teknologi digital dalam membantu nelayan di Indonesia untuk meningkatkan mata pencaharian mereka melalui akses pasar yang lebih baik dan peluang penjualan yang lebih adil.

Kementerian Kelautan dan Perikanan pernah menyebutkan bahwa sebagian besar dari 2,7 juta nelayan di Indonesia hidup di bawah garis kemiskinan dan berkontribusi 25 persen terhadap tingkat kemiskinan nasional.

“Ini adalah pertama kalinya pekerjaan kami mendapatkan pengakuan internasional. Selanjutnya, kami akan bekerja untuk mengembangkan tim kami dan membantu lebih banyak nelayan keluar dari kemiskinan,” ujar CEO Aruna Farid Naufal Aslam, seperti dikutip, Jumat (19/4/2019).

Dengan menghubungkan nelayan dan calon pembeli yang potensial melalui platform online Aruna, maka startup ini dapat memangkas biaya transaksi secara dramatis, membantu para nelayan menaikkan harga jual hingga 20%, sedangkan pembeli dapat membayar hingga 15% lebih murah. Aruna telah melayani 1.701 kelompok nelayan di 16 provinsi.

Aruna akan menerima hadiah total 60.000 dolar Singapura,sedangkan delapan finalis lainnya dari Singapura, Malaysia dan Indonesia, masing-masing akan menerima hadiah S$10.000.

Kesembilan startup ini akan dibantu oleh NUS Enterprise, Alipay, mitra khusus International Finance Corporation (IFC) dan mitra pendukung lainnya dari Challenge tersebut, dalam rangka mengembangkan lebih lanjut ide-ide mereka.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
StartUp

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup