Loket Fokus Bidik Event Creator Kecil dan Menengah Tahun Ini

Deandra Syarizka
Rabu, 13 Maret 2019 | 19:19 WIB
Grup band Kidnap Katrina beraksi pada acara 90's Festival di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Sabtu (10/11/2018). Acara yang mengusung tema era 90-an itu menampilkan sejumlah band diantaranya The Moffatts, Sheila on7 dan Blue./Antara
Grup band Kidnap Katrina beraksi pada acara 90's Festival di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Sabtu (10/11/2018). Acara yang mengusung tema era 90-an itu menampilkan sejumlah band diantaranya The Moffatts, Sheila on7 dan Blue./Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Loket, perusahaan penyedia teknologi event dan entertainment di Indonesia, fokus menyasar penyelenggara acara berskala kecil dan menengahi sebagai strategi ekspansi bisnisnya pada tahun ini.

VP Marketing Loket Mohamad Ario Adimas menyatakan bila tahun-tahun sebelumnya pihaknya cukup dikenal dalam mendukung penyelenggaraan acara berskala besar seperti konser musik artis papan atas dan internasional, maka pada tahun ini pihaknya akan fokus menggarap pasar baru yaitu penyelenggara acara berskala kecil dan menengah. Hal ini juga sebagai tindak lanjut dari peluncuran situs/platform loket.com pada tahun lalu.

“Sebelumnya kita fokus men­-support penuh event raksasa, mulai dari penyediaan device, manpower, hingga ticket box. Fokus tahun ini kita akan manage small medium event creator, memang dari segi revenue lebih kecil tetapi dari segi jumlah banyak sekali dan menyeluruh,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (13/3) .

Dia menyatakan, strategi tersebut merupakan upaya perusahaan untuk mengurangi ketergantungan terhadap penyelenggara acara berskala besar. Apalagi mengingat persaingan di industri penyedia teknologi event dan entertainment yang kian kompetitif. Mayoritas klien di lini bisnis ini adalah promotor musik dan penyelenggara pameran berskala nasional dan internasional.

Dia menjelaskan, pada dasarnya pihaknya memiliki dua skala bisnis. Pertama, skala enterprise di mana pihaknya membantu penyelenggaraan acara berskala besar secara menyeluruh, mulai dari tempat, sumber daya manusia, hingga manajemen tiket.

 Sementara lini bisnis kedua adalah platform, di mana pihaknya hanya menyediakan teknologi manajemen, distribusi, dan pembayaran tiket. Lini bisnis inilah yang akan merangkul lebih banyak penyelenggara acara berskala kecil dan menengah seperti pentas seni SMA, pelatihan, dan masih banyak lainnya.

Menurutnya, penerapan strategi tersebut bukan tanpa hambatan. Pihaknya mengaku perlu menggencarkan proses edukasi kepada segmen klien yang belum terlalu terbiasa menggunakan teknologi dan menggunakan data untuk melakukan promosi acara. Untuk itu, perusahaan berniat menggelar roadshow di enam kota pada tahun ini untuk mendorong kontribusi bisnis platformnya.

“Kita edukasi mereka kalau pakai loket registrasinya lebih gampang, setiap orang yang mendaftar ada databasenya, promosi ada distribusinya dan bisa ke seluruh partner Loket, mulai dari ecommerce, Gotix,” ujarnya

 Lebih lanjut, pihaknya juga memproyeksikan layanan O2O (Online-to-Offline) akan semakin dikenal luas. Hal ini tercermin dari proses pemesanan tiket secara online dengan pembayaran offline yang semakin populer, terutama pada masyarakat yang belum memiliki akses ke pembayaran digital. Kemudahan yang dihadirkan dalam konsep ini secara perlahan juga mendorong konsumen semakin akrab dengan teknologi layanan pembelian tiket online.

Adapun pada tahun lalu, laju pertumbuhan penjualan tiket untuk setiap kategori cukup signifikan dari tahun sebelumnya. Penjualan tiket kategori konser dan festival musik sepanjang tahun lalu  diklaim meningkat 500%, tiket kategori MICE meningkat 200%, penjualan tiket olahraga meningkat 225%, dan penjualan tiket kategori atraksi hiburan meningkat 250%.Dengan menggenjot lini bisnis platform, Ario pun optimistis kinerja positif pada tahun lalu itu dapat meningkat pada tahun ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper