Nokia Menang Tender Upgrade Jaringan Indosat di Jawa

Indosat, lanjutnya, berambisi meningkatkan kualitas jaringan 4G LTE sehingga bisa memberikan akses video ke lebih dari 90% populasi penduduk Indonesia.
Leo Dwi Jatmiko | 05 Maret 2019 17:10 WIB
Nokia - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Nokia memenangkan tender vendor pengelola proyek peningkatan kualitas jaringan IP/MPLS PT Indosat Tbk. Perbaikan infrastruktur tersebut dilakukan untuk memperkuat layanan LTE Indosat, sekaligus sebagai persiapan untuk implementasi teknologi 5G dalam beberapa waktu ke depan.

CTO Indosat Ooredoo Dejan Kastelic mengatakan, pembaruan jaringan IP/MLPS adalah bagian dari program transformasi jaringan yang rencananya berlangsung dalam 3 tahun ke depan. Indosat, lanjutnya, berambisi meningkatkan kualitas jaringan 4G LTE sehingga bisa memberikan akses video ke lebih dari 90% populasi penduduk Indonesia.

“Pembaruan jaringan IP/MPLS yang kami lakukan dengan Nokia menargetkan untuk memberikan fondasi yang kuat bagi transformasi jaringan, khususnya di daerah berpenduduk terpadat di negara ini," kata Kastelic dalam rilis yang diterima Bisnis, Selasa (5/3/2019).

IP/MPLS adalah desain untuk membangun jaringan telekomunikasi yang lebih efisien. Lalu lintas data dalam jaringan IP/MPLS akan diarahkan menurut kepadatan, bukan hanya tergantung dengan jarak antar hub.

Lewat peningkatan kualitas jaringan IP/MPLS, Indosat menawarkan layanan komunikasi canggih kepada pelanggannya di seluruh Indonesia termasuk layanan seluler 4G/LTE, telepon rumah, video, internet, dan layanan komunikasi data bisnis. Pada tahun pertama, untuk peningkatan jaringan yang akan dilakukan selama beberapa tahun, akan mencakup wilayah Jakarta, Jabodetabek dan seluruh Jawa.

Solusi Nokia IP/MPLS akan mencakup implementasi Nokia IP Anyhaul untuk meningkatkan kinerja jaringan mobile transport Indosat sehingga infrastruktur tersebut siap mendukung implementasi 5G.

Adapun, prosesor jaringan FP4 dari Nokia berperan penting dalam memastikan skala,keamanan dan fungsionalitas yang dibutuhkan jaringan 100GE.

Kastelic sangat senang dapat meningkatkan router Nokia dengan prosesor jaringan FP4 terbaru untuk memperkuat infrastruktur IP/MPLS kami di Jawa.

"Kami senang dapat meningkatkan router Nokia kami dengan prosesor jaringan FP4 terbaru untuk memperkuat infrastruktur IP/MPLS kami di Jawa. Ini membantu kami memenuhi pertumbuhan permintaan pelanggan dan menekan biaya dengan memperpanjang umur aset yang ada," kata Kastelic.

Presiden Direktur Nokia Indonesia Robert Cattanach mengatakan, pertumbuhan basis pelanggan Indosat Ooredoo mendorong perusahaan mempersiapkan lebih banyak layanan canggih, terutama dalam mempersiapkan transformasi ke teknologi 5G.

“Kami bangga menjadi bagian dari cerita perjalanan ini dan dapat menghadirkan teknologi terbaru, seperti FP4, untuk membantu Indosat terus berinovasi dan memimpin di pasar Indonesia,” kata Cattanach. "Kami bangga menjadi bagian dari cerita perjalanan ini dan dapat menghadirkan teknologi terbaru,

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
indosat, nokia

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup