Vodafone Gelar Jaringan 5G di Barcelona dengan Teknologi Huawei

Vodafone menempatkan sejumlah BTS 5G yang menggunakan spektrum 5G komersial untuk membangun jaringan super-cepat 5G dengan produk dan solusi dari Huawei.
Rachmad Subiyanto
Rachmad Subiyanto - Bisnis.com 26 Februari 2019  |  10:38 WIB
Vodafone Gelar Jaringan 5G di Barcelona dengan Teknologi Huawei
Ilustrasi logo Huawei. - REUTERS/Chris Wattie

Bisnis.com, BARCELONA — Vodafone bersama dengan Huawei menghadirkan jaringan 5G selama penyelenggaraan Mobile World Congress 2019 di Barcelona.

Vodafone menempatkan sejumlah BTS 5G yang menggunakan spektrum 5G komersial untuk membangun jaringan super-cepat 5G dengan produk dan solusi dari Huawei.

Jaringan tersebut tersedia di pusat kota Barcelona mulai dari Plaza Catalunya, Paseo de Gracia, Balmes, dan Universitat.

Jaringan yang dibangun di spektrum C-Band (4—8 GHz) tersebut mencatatkan puncak kecepatan unduh 1,7 Gbps dengan rata-rata kecepatan 800 Mbps.

Head of Networks Strategy & Architecture Vodafone Group Santiago Tenorio mengatakan bahwa hal tersebut merupakan pencapaian teknis signifikan baik bagi para teknisi Vodafone maupun Huawei untuk mengintegrasikan standar 5G mutakhir dalam teknologi komersial mereka dengan cepat.

"Vodafone sudah dalam jalur yang tepat untuk menyediakan jaringan 5G bagi pelanggan kami di sejumlah kota di Eropa pada semester kedua tahun ini," katanya, Senin (25/2/2019).

Sejumlah perangkat gNodeBs (5G) ditempatkan di BTS 4G LTE dan menghadirkan cakupan jaringan yang sama dengan perangkat eNodeBs(4G LTE). Performa jaringan tersebut menjadi bukti bahwa antena aktif (Massive MIMO) merupakan kunci untuk mengurangi biaya operasional bagi operator.

Dengan kombinasi 64T64R dan bandwith 80 MHz, 5G bisa meningkatkan kapasitas single cell 4G LTE hingga 20 hingga 25 kali lebih besar dan menekan biaya trafik per bit menjadi 10% dari biaya sebelumnya. Ditambah lagi, cakupan jaringan yang saling melengkapi antara 5G dan 4G membuat biaya konstruksi jaringan lebih murah.

Sementara itu, President Huawei Lini Produk 5G Yang Chaobin mengatakan Vodafone dan Huawei telah berhasil menjalankan jaringan 5G dan menghadirkan hal yang luar biasa lewat sejumlah terminal komersial 5G.

“Kami akan terus bekerja sama dengan industri untuk mewujudkan suksesnya penggunaan 5G secara komersial," katanya.

Dalam gelaran MWC 2019 tahun ini, Huawei mengeksplorasi mekanisme dan standar keamanan siber yang sesuai dengan negara-negara Eropa dengan menggelar forum, meluncurkan berbagai inisiatif dengan industri dan organisasi. Hal tersebut dilakukan demi mewujudkan kerja sama yang adil, terbuka, dan saling percaya di industri teknologi informasi dan komunikasi.

Untuk pertama kalinya ketiga grup bisnis Huawei -- Carrier Network (jaringan), Enterprise, dan Consumer berpartisipasi dalam ajang yang digelar pada 25-29 Februari di Barcelona, Spanyol. Huawei memamerkan produk dan solusinya di booth 1H50 Fira Gran Via Hall 1, booth 3I30 di Hall 3, Innovation Zone di Hall 4, dan booth 7C21 dan 7C31 di Hall7. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
huawei, teknologi 5G

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top