Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Loket Mengklaim Dukung Ticketing 90% Event Besar di Indonesia

Hasil analisa data internal pada2018 menunjukkan bahwa Loket telah membantu lebih dari 5.000 event serta menggandeng lebih dari 4.000 event creator dari kreator individu hingga komunitas pada 2018.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 18 Februari 2019  |  09:05 WIB
CEO LOKET Edy Sulistyo (kedua kiri) berbincang dengan VP Consumer Rama Adrian (dari kiri) Product Manager Loket.com Febrian Adhitama dan VP Marketing LOKET Ario Adimas saat acara Grand Launching Loket.com di Jakarta, Selasa (8/5). - JIBI/Abdullah Azzam
CEO LOKET Edy Sulistyo (kedua kiri) berbincang dengan VP Consumer Rama Adrian (dari kiri) Product Manager Loket.com Febrian Adhitama dan VP Marketing LOKET Ario Adimas saat acara Grand Launching Loket.com di Jakarta, Selasa (8/5). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan penyedia teknologi event dan entertainment di Indonesia, Loket, mendukung event creator melalui workshop Unleashed yang diselenggarakan oleh Backstagers Indonesia, komunitas yang beranggotakan ratusan event organizer dari seluruh Indonesia yang berdiri sejak  2013.

Pada tahun keempat ini, Backstagers Indonesia mengusung tema Unleashed dalam gelaran event yang berlangsung selama dua hari, terhitung pada tanggal 16— 17 Februari 2019 di Cibis Business Park, Jakarta. Selama dua hari, event diisi oleh workshop serta eksibisi kreatif yang mendatangkan lebih dari 20 pembicara ahli dalam bidang industri event.

Ario Adimas, VP Marketing Loket mengungkapkan bahwa kehadiran perusahaannya di Unleashed 2019 merupakan bentuk dukungan Loket untuk para Event Creator lokal.  Hingga saat ini, dia menyebut Loket telah membantu mengelola 85%—90% event-event raksasa di Indonesia.

“Dengan semangat bahwa semua orang dapat menjadi Event Creator, Loketjuga mendorong para Event Creator dari berbagai skala untuk dapat mengelola event mereka secara maksimal melalui berbagai produk, segmen, jalur distribusi dan layanan yang bersifat end-to-end, termasuk salah satunya melalui kegiatan berbagi ilmu melalui komunitas. Dengan demikian, industri event organizer dapat terus tumbuh secara positif dan turut berkontribusi pada perekonomian nasional,” ujarnya, seperti dikutip, Minggu (17/02).

Dia menambahkan, positifnya pertumbuhan industri ini tidak lepas dari pertumbuhan generasi milenial usia 20—35 tahun yang mencapai 63 juta sebagai konsumen terbanyak industri hiburan.

Sejalan dengan hal tersebut, hasil analisa data internal pada 2018 menunjukkan bahwa Loket telah membantu lebih dari 5.000 event serta menggandeng lebih dari 4.000 event creator dari kreator individu hingga komunitas pada 2018.

Ini belum termasuk dengan promotor konser musik, MICE, atraksi hiburan, festival serta film-film berkualitas yang akan meramaikan industri hiburan Indonesia selama tahun-tahun mendatang. Secara tidak langsung, data ini menggambarkan pertumbuhan serta demand yang tinggi bagi industri event di Tanah Tair.

Dalam acara ini, Dimas juga turut memberikan paparan kepada para Event Creator yang hadir mengenai peran teknologi dalam revolusi industri event.

Menurutnya, industri event sebagai bagian dari industri hiburan merupakan salah satu subsektor yang memegang peranan dan kontribusi penting dapat dikatakan terus mengalami pertumbuhan positif.

"Berdasarkan hasil analisa LOKET, potensi pertumbuhan event pada tahun ini akan lebih tinggi dibandingkan dengan tahun lalu. Hal ini didorong oleh beberapa hal, salah satunya yaitu inovasi teknologi akan semakin memudahkan event creator dalam merencanakan serta menyelenggarakan event-event baru secara lebih profesional." jelas Dimas.

Dia mengatakan bahwa sistem pengelolaan tiket adalah kunci sukses penyelenggaraan event dari yang skala terkecil hingga besar-besaran.

Loket, lanjut Dimas, menyediakan konsep swalayan yaitu membuat setiap orang bisa menyelenggarakan event seperit penyelenggara profesional melalui Loket.com.

Termasuk penggunaan data analytics untuk menganalisa kesuksesan acara demi membantu perencanaan acara selanjutnya.,” tambah Dimas.

Selain Loket, Unleashed 2019 juga diisi oleh pembicara-pembicara ahli di bidang industri event seperti Kompas Gramedia, PLN, Talent Indonesia Lighting Project dan Live Sound Production yang membawakan topik seputar stage management, digital marketing, sound production, talent management, dan hal-hal yang mendukung kesuksesan sebuah event.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tiket StartUp
Editor : Demis Rizky Gosta
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top