Indosat Bakal Intens Uji Coba 5G Tahun Ini

Syaiful Millah
Jumat, 25 Januari 2019 | 10:22 WIB
Logo Indosat Ooredoo di kantor pusat PT Indosat Tbk./Indosat
Logo Indosat Ooredoo di kantor pusat PT Indosat Tbk./Indosat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Indosat Tbk. berencana menggelar lebih banyak uji coba penerapan teknologi 5G pada tahun ini, sebagai upaya persiapan lanjutan komersialisasi teknologi jaringan generasi kelima tersebut.

Group Head Corporate Communications Indosat Turina Farouk mengungkapkan infrastruktur yang dimiliki Indosat sudah siap menunjang teknologi jaringan 5G. Namun, menurutnya, saat ini ekosistem terkait teknologi jaringan tersebut masih belum terbentuk.

Belum banyak pihak yang fokus pada pemanfaatan 5G di berbagai bidang, selain operator seluler dan perusahaan yang berfokus pada teknologi.

“Sebenarnya, kalau 5G kami sudah siap, infrastruktur Indosat sendiri sudah support untuk 5G. Cuma ekosistem 5G-nya di kita [Indonesia] yang belum [siap],” tutur Turina di Jakarta, Kamis (24/1/2019).

 Tahun ini, lanjutnya, Indosat akan menggelar uji coba jaringan 5G lebih intens, salah satunya adalah penerapan di luar ruangan. Pasalnya, pada tahun lalu, Indosat baru menguji 5G di dalam ruang yakni di kantor Indosat Ooredo.

Kendati demikian, perseroan enggan menjelaskan lebih detail mengenai waktu dan uji coba seperti apa yang nantinya akan digelar.

Di sisi lain, Indosat juga berupaya memperbanyak jumlah pelanggan melalui perluasan jaringan 4G di berbagai wilayah Tanah Air.

Presiden Direktur Indosat Chris Kanter menerangkan pihaknya akan mengalokasikan anggaran belanja modal lebih dari 80% untuk membangun Base Transceiver Station (BTS) berteknologi 4G.

“Saat ini, konsumen Indosat paling besar ada di milenial yang banyak menggunakan data. Oleh sebab itu, salah satu fokus kami tahun ini adalah 4G,” sebutnya.

Berdasarkan data perusahaan per September 2018, Indosat telah memiliki 67.002 BTS, yang terdiri atas 11.636 BTS teknologi 4G, 33.239 BTS teknologi 3G, dan 22.127 BTS teknologi 2G.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Annisa Margrit
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper