Wahana Penjelajah Chang’e-4 Mendarat Pagi Ini di Sisi Jauh Bulan

Wahana penjelajah bulan  milik China, Chang'e-4 pagi ini mendarat dengan selamat di sisi jauh bulan, menurut laporan stasiun televisi CCTV.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 03 Januari 2019  |  12:43 WIB
Wahana Penjelajah Chang’e-4 Mendarat Pagi Ini di Sisi Jauh Bulan
Wahana penjelajah bulan Chang'e/4

Bisnis.com, JAKARTA—Wahana penjelajah bulan  milik China, Chang'e-4 pagi ini mendarat dengan selamat di sisi jauh bulan, menurut laporan stasiun televisi CCTV.

Wahana itu mendarat tepat pukul 10:26 pagi waktu Beijing sebagaimana dikutip ChannelNewsAsia.com, Kamis (3/1/2019). 

Bukti pendaratan wahana untuk misi penelitian itu terlihat dari foto “sisi gelap" bulan yang dikirim ke satelit Queqiao. Satelit itu kemudian menyampaikan komunikasi antara pengontrol di Bumi dan sisi jauh dari bulan. 

Pendaratan yang sesuai dengan perkiraan awal itu akan memungkinkan studi lebih rinci tentang permukaan bulan.

"Sisi Bulan yang tidak kita lihat dari Bumi mendapat sinar matahari sama banyaknya dengan sisi yang kita lihat. Sebenarnya, satu-satunya sisi gelap Bulan adalah sisi yang menjauh dari Matahari pada waktu tertentu," demikian menurut Badan Ruang Angkasa Amerika Serikat.

Menjelajahi sisi jauh bulan memiliki tantangan tersendiri. Untuk satu hal, bulan akan memblokir komunikasi langsung antara wahana dan peneliti di Bumi. 

Untuk menyiasati itu, China meluncurkan satelit relai yang memungkinkan wahana tersebut tetap berhubungan dengan para ilmuwan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
china, bulan

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top