Samsung Galaxy Tab A 2018, Mudahkan Orang Tua Monitoring Akses Internet Anak

Menjadi orang tua bagi para digital native seringkali tak mudah. Memberikan kebebasan pada anak untuk menggunakan gawai tentu menimbulkan kekhawatiran. Sebaliknya, menjauhkan anak dari gawai dan turunannya juga tak menjadi jawaban.
Dhiany Nadya Utami | 12 September 2018 08:14 WIB
Samsung Galaxy Tab A 2018 - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menjadi orang tua bagi para digital native seringkali tak mudah. Memberikan kebebasan pada anak untuk menggunakan gawai tentu menimbulkan kekhawatiran. Sebaliknya, menjauhkan anak dari gawai dan turunannya juga tak menjadi jawaban.

Bahkan, pemerhati literasi digital Ainun Chomsun mengatakan sekarang ini tak jarang anak-anak memiliki wawasan yang lebih luas dari orang tua karena hidup di era digital membuat mereka tumbuh dan berkembang dengan lebih dinamis.

Teknologi juga telah memudahkan anak-anak mendapatkan informasi tak hanya dari orang tua atau guru. Sehingga orang tua diharapkan dapat memanfaatkan teknologi sebagai sarana beraktivitas dan berkreasi bersama anak.Misalnya mendampingi anak menonton konten-konten video yang berhubungan dengan hobi atau kegemaran mereka.

Selain dapat memantau konsumsi konten anak, hal tersebut juga dapat mengeratkan hubungan anak dan orang tua karena dengan begitu orang tua dan anak menghabiskan quality time lebih banyak.

Melihat kebutuhan tersebut Samsung baru-baru ini merilis perangkat tablet yang ditujukan untuk kegiatan orang tua dan anak yakni Galaxy Tab A 2018. Perangkat yang menyasar orang tua milenial ini hadir dengan bentang layar yang lebih besar dibandingkan pendahulunya yakni 10,5 inci plus bezel yang lebih tipis.

Samsung menyebut ukuran yang semakin besar memudahkan orang tua untuk memantau apa yang tengah disaksikan oleh anak mereka di layar. Selain itu, Samsung Galaxy Tab A 2018 mengusung tampilan screen ratio 16:10 yang membuat kegiatan menonton bersama yang lebih nyaman.

Melengkapi pengalaman entertaiment yang lebih maksimal, Samsung membenamkan empat speaker di tiap sudut yang telah didukung teknologi Dolby Atmos® sehingga suara yang dihasilkan oleh Galaxy Tab A 2018 lebih dari cukup tanpa harus disambungkan ke perangkat speaker tambahan.

Untuk menunjang performa, Galaxy Tab A 2018 mengandalkan prosesor octa-core 1,8 GHz SDM450 dengan memori 3GB+32GB yang dapat ditingkatkan dengan menyematkan microSD hingga 400GB. Sehingga pengguna memiliki ruang yang luas untuk menyimpan berbagai konten dalam perangkat satu ini.

Dari sisi daya, Galaxy Tab A 2018 memiliki baterai 7.300 mAh yang diklaim dapat bertahan untuk memutar video hingga 15 jam dalam sekali pengisian daya. Pun, telah dilengkapi teknologi Fast Charging yang memungkinkan daya baterai terisi penuh hanya dalam 200 menit atau 3,5 jam.

Sesuai dengan peruntukkannya yang menyasar seluruh anggota keluarga, Samsung Galaxy A 2018 memiliki fitur multi-user mode yang dapat digunakan hingga 8 user atau pengguna.

Dengan fitur ini, tiap anggota keluarga dapat menyetel tablet sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Orang tua dapat membuat mode khusus yang diaktifkan saat anak mereka menggunakan tablet sehingga anak hanya dapat menggunakan aplikasi-aplikasi yang diizinkan oleh orang tua.

Tentu familiar dengan kasus anak yang membuka aplikasi e-commerce dan berbelanja beragam barang dengan membayarnya dengan akun e-banking orang tua mereka atau kasus anak membuka situs-situs yang tak sesua dengan umur mereka. Penyetelan mode ini akan menghindarkan anak dari hal-hal tersebut.

Selain multi-user mode, Galaxy Tab A 2018 memberikan mode yang lebih spesifik yakni Kids Mode. Saat diaktifkan, mode ini akan menyuguhkan tampilan antarmuka yang lebih ramah anak. Kids Mode juga memiliki beberapa aplikasi bawaan yang edukatif dan rekreatif bagi anak sehingga memudahkan orang tua untuk memilih aplikasi mana saja yang dapat digunakan anak mereka.

Samsung juga bekerja sama dengan beberapa pengembang aplikasi seperti Lego Warner Bros, Filimundus, dan Toca Boca untuk menyediakan aplikasi-aplikasi baik yang gratis maupun berbayar yang terhimpun dalam The Galaxy Apps for Kids.

Dalam mode ini, orang tua dapat menyetel batas waktu penggunaan gawai sehingga anak mendapatkan jatah cukup untuk memainkan tablet satu ini. Saat waktu yang ditentukan telah habis maka akan ada alarm dan tablet terkunci secara otomatis sehingga anak mau tak mau harus menyudahi penggunaan mereka.   

Adapun perihal koneksi, Galaxy Tab A 2018 ini tak memiliki slot kartu untuk mengaktifkan jaringan LTE dan hanya mengandalkan WiFI. Ini juga membuat anak tak bisa selalu menggunakaannya karena harus tersambung dengan WiFi yang juga dapat diatur pemberian aksesnya oleh orang tua.

Secara keseluruhan, tablet yang hanya tersedia dalam satu warna yakni hitam dan dijual dengan harga Rp4.999.000 ini terasa cukup ringkas dan memenuhi kebutuhan yang dicari dari sebuah perangkat keluarga. Apalagi tablet juga merupakan perangkat yang cocok untuk memulai perkenalan anak dengan gawai dibandingkan dengan perangkat lainnya.  

Tag : samsung
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top