Ini Alasan Warga Net Akses Youtube

Duwi Setiya Ariyanti
Senin, 13 Agustus 2018 | 17:58 WIB
ilustrasi/www.metalinjection.net
ilustrasi/www.metalinjection.net
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Warga net di Indonesia menghabiskan 59 menit sehari untuk mengakses Youtube. Berikut beberapa alasannya berdasarkan hasil riset Youtube. 

Fibriyani Elastria, Head of Consumer Marketing, Google Indonesia mengatakan setidaknya terdapat empat alasan teratas mengapa warga net mengakses Youtube.

Pertama, dengan bobot 92%, Youtube digunakan untuk mencari konten video. Menurutnya, Youtube menjadi pilihan pertama warga net saat ingin mencari konten berbasis video. 

Kedua, 91% alasan mengarah pada ragam konten yang ditawarkan Youtube. Menurut Fibri, beragamnya konten video yang bisa diakses di Youtube menjadi daya tarik mengapa pengguna internet menghabiskan waktu di platform besutan Google itu. Variasi konten pun sangat tinggi mulai dari mencari tutorial video hingga hiburan.

Ketiga, 87% pengakses Youtube menyatakan Youtube membantu pengakses mencari konten-konten baru. Terakhir, 85% pengakses Youtube beralasan Youtube memiliki konten-konten video dengan  kualitas tinggi. 

"Mulai cari yang sifatnya musik, komedi, entertainment atau bahkan tutorial semua cari di Youtube," ujarnya saat melakukan presentasi dalam acara peluncuran Xtream Ultima di Jakarta, Senin (13/8/2018). 

Adapun, dari data riset pada Maret 2018, dia menyebut terdapat selisih tipis antara porsi penonton Youtube dengan porsi penonton televisi. Penonton Youtube terdapat 53% dan penonton televisi sebanyak 57%. 

Berbeda dengan televisi yang biasanya memiliki waktu tayang utama di sekitar pukul 19.00, penonton Youtube memiliki prime time beberapa kali dalam sehari yakni pada 09.00 hingga 11.00 pagi dan mengalami peningkatan tertinggi mulai pukul 16.00 yakni selepas bekerja hingga puncaknya di pukul 23.00 sebelum beristirahat. 

"Peak lagi setelah pulang kantor. Mereka mengakses Youtube saat on the go, menghadapi macet, menonton konten lewat smartphone," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper