Infinix Hot S3 Ramaikan Pasar Ponsel di Bawah Rp2 Juta

Persaingan pabrikan asal China di kelas ponsel murah tampaknya makin ramai. Salah satu pemain yang naik daun adalah Infinix. Produsen ponsel yang berkantor di Hongkong ini mengeluarkan Infinix Hot S3 pada Februari lalu.
Dhiany Nadya Utami | 17 Maret 2018 22:36 WIB
Calon pembeli memilih ponsel pintar di pusat perbelanjaan elektronik center, di Bandung, Jawa Barat, Selasa (27/6). - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Persaingan pabrikan asal China di kelas ponsel murah tampaknya makin ramai. Salah satu pemain yang naik daun adalah Infinix. Produsen ponsel yang berkantor di Hongkong ini mengeluarkan Infinix Hot S3 pada Februari lalu.

Seperti Xiaomi, Infinix juga memanfaatkan strategi flash sale untuk menjual ponsel teranyarnya ini. Bahkan, penjualan terakhirnya diklaim ludes hanya dalam satu menit saja meski tidak ada angka yang jelas berapa unit ponsel yang sebenarnya dijual.

Infinix Hot S3 berdesain unibodi dan layar 5,7 inci yang mengusung Infinity Display dengan rasio 18:9. Di bagian belakang terdapat deretan kamera dan pemindai sidik jari untuk membuka kunci.

Di bodi samping kanan terdapat jajaran tombol yakni tombol volume dan tombol power. Adapun di sisi kiri hanya ada slot untuk microSD dan kartu SIM.

Perbedaan kecil Infinix Hot S3 dengan ponsel lain adalah tersedianya tiga slot kartu, satu untuk microSD dan dua untuk kartu SIM. Biasanya ponsel pintar hanya disediakan dua slot, yakni untuk kartu SIM dan sisanya pilihan untuk SIM card atau microSD.

Kelebihan ini membuat pengguna dapat leluasa menggunakan dua nomor berbeda pada saat bersamaan sekaligus menambah memori dengan menyematkan microSD untuk kapasitas tambahan.

Infinix menjuluki ponsel satu ini sebagai selfie smartphone dengan fitur kamera depan yang tentu saja menjadi unggulan. Infinix Hot S3 memiliki kamera depan beresolusi 20MP. Ukuran yang terbilang besar untuk kamera depan.

Semakin besar resolusi kamera membuat gambar yang dihasilkan akan lebih halus dan detail-detail yang ada akan tampak lebih nyata.

Resolusi 20 megapiksel ditambah fitur lowlight selfie dan flash depan membuat fitur selfie Infinix Hot S3 jadi paling unggul di antara ponsel lain di bawah Rp2 juta. Fitur selfie ini juga dapat membuat foto dengan efek bokeh meski tidak memiliki lensa ganda.

Sementara itu untuk kamera belakang, Infinix menawarkan kamera dengan resolusi 16 megapiksel. Sesuaitagline-nya sebagai selfie smartphone, kamera depan memang lebih diunggulkan dari ponsel ini. Satu yang menarik, kamera belakang Infinix Hot S3 dilengkapi mode manual sehingga pengguna bisa mengatur kamera sesuai dengan yang diinginkan.

Jeroan Infinix Hot S3

Beralih ke dapur pacu, Infinix menyematkan prosesor Qualcomm Snapdragon 430 pada ponsel satu ini. Prosesor ini bisa dibilang cukup tertinggal karena ponsel-ponsel lain di lini yang sama telah memakai cipset yang lebih gahar. Sebut saja Xiaomi Redmi 5 dengan Qualqomm Snapdragon 450.

Untuk menunjang kinerja ponsel, Infinix Hot S3 dibekali RAM sebesar 3GB dan ROM 32GB, membuatnya cukup leluasa untuk menampung berbagai aplikasi yang dipasang pengguna sekaligus tahan banting untuk penggunaan multitasking termasuk bermain game.

Pada sisi peranti lunak, Infinix Hot S3 telah mengadopsi Android terbaru yakni Android Oreo 8.0 plus kustomisasi XOS 3.0 ala Infinix.

Infinix Hot S3 dijual dengan harga Rp1.899.000, lebih mahal sedikit dibandingkan dengan ponsel entry level Xiaomi, Redmi 5, yang dihargai Rp1.699.000.

Dengan harga tersebut, Xiaomi lebih unggul pada dapur pacu dengan Snapdragon 450 miliknya. Prosesor yang lebih mumpuni membuat Xiaomi akan lebih gahar dalam hal kinerja, pun dalam mengolah daya Snapdragon 450 lebih efisien sehingga baterai tidak boros.

Akan tetapi hal ini nampaknya tak akan berpengaruh banyak bagi Infinix karena ponsel ini punya baterai yang cukup tangguh yakni 4.000 mAh. Kapasitas baterai Infinix Hot S3 diklaim bisa bertahan hingga seharian penuh.

Sementara untuk kamera, dinilai berdasarkan resolusi kamera yang ditawarkan, Infinix masih memimpin karena Xiaomi Redmi 5 hanya mengusung kamera belakang 12 megapiksel dan kamera depan 5 MP.

Infinix juga unggul dengan fitur-fitur yang dimilikinya seperti fitur lowlight selfie dan flash yang mendukung pengambilan gambar tetap maksimal meski pengguna berada di tempat yang bercahaya minim dan fitur HDR yang membuat gambar terekam lebih jelas.

Tag : smartphone
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top