Kata.ai Luncurkan Chatbot Sabrina & Shalma

Sholahuddin Al Ayyubi
Kamis, 8 Maret 2018 | 02:21 WIB
Ilustrasi: Nasabah bertransaksi melalui mesin ATM di galeri e-banking Bank BRI di Jakarta./JIBI-Dwi Prasetya
Ilustrasi: Nasabah bertransaksi melalui mesin ATM di galeri e-banking Bank BRI di Jakarta./JIBI-Dwi Prasetya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan kecerdasan buatan untuk percakapan, Kata.ai, resmi meluncurkan ‎chatbot berbasis teknologi kecerdasan buatan untuk Bank Rakyat Indonesia (BRI) bernama Sabrina dan Shalma untuk Alfamart agar dapat melayani konsumen lebih baik sejalan dengan perkembangan teknologi informasi.

Chief Executive Officer (CEO) Kata.ai, Irzan Raditya mengatakan chatbot‎ merupakan program komputer yang dirancang untuk menjalankan suatu fungsi percakapan alamiah berbasis kecerdasan buatan agar konsumen seolah-olah berkomunikasi dengan manusia langsung.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh BRI dan Alfamart untuk beradaptasi dengan era digital melalui penerapan chatbot dinilai sudah tepat agar dapat melayani semua pelanggan secara tepat dan cepat.

"Kami yakin apa yang bisa kami capai melalui kemitraan dengan BRI dan Alfamart adalah langkah menuju demokratisasi AI sebagai suatu perangkat yang dapat meningkatkan produktivitas masyarakat Indonesia.

Dia yakin langkah tersebut dapatg eningkatkan produktivitas. “Hal ini juga sangatlah relevan mengingat jangkauan mendalam kedua perusahaan ini di Indonesia dan bagaimana mereka memegang peran fundamental dalam kehidupan sehari-hari bagi kita semua," tuturnya pada Rabu (7/3/2018).

EVP Digital Centre of Excellence Bank BRI‎ Kaspar Situmorang mengatakan chatbot bernama Sabrina merupakan singkatan Smart BRI New Assistant‎ yang dapat menjadi asisten virtual untuk membantu nasabah BRI dalam mengakses informasi mengenai layanan perbankan dan financial.

Menurut dia, nasabah BRI dapat berinteraksi dengan Sabrina melalui Facebook Messenger dan Telegram berbahasa Indonesia sejak Februari 2018.

"Kami ingin menjawab tantangan digital di dalam dunia finansial, salah satu yang menjadi faktor penting adalah membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Sabrina memberikan kesempatan kepada kami untuk melayani dengan lebih baik dan juga sekaligus menjadi tempat untuk mendengarkan suara dari nasabah‎," kata Kaspar.

Sementara itu, General Manager Marketing Alfamart Linda Valentin mengakui chatbot bernama Shalma banyak membantu perusahaan itu untuk mendapatkan hati konsumen.

Menurutnya, Shalma merupakan singkatan dari Sahabat Alfamart yang dapat memberikan pengalaman interaksi terbaik untuk konsumen.

"‎Jadi, Shalma ini bisa memberikan informasi dan penawaran khusus sesuai dengan profil dan pola belanja dari konsumen. Shalma kini dapat diakses di akun Line Alfamart yang sudah memiliki lebih dari 16 juta follower dan salah satu chatbot yang berpotensi memiliki pengguna terbesar di Tanah Air," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper