Mayoritas Startup Bubar dalam 3 Tahun Pertama

N. Nuriman Jayabuana
Jumat, 9 Februari 2018 | 15:48 WIB
Ilustrasi kantor startup/Flickr
Ilustrasi kantor startup/Flickr
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Chief Marketing Officer GDP Venture Danny Oei Wirianto menyatakan tak sedikit startup lokal yang gagal dalam 3 tahun pertamanya dengan berbagai faktor.

Kebanyakan penyebab matinya suatu perusahaan rintisan dalam 3 tahun pertama merupakan ketidaksamaan visi para pendirinya.

“Entah itu karena masalah cashflow, adu argumen, dan visi pengembangan bisnis yang berbeda,” ujarnya (8/2).

Menurutnya, perusahaan rintisan yang ingin bertahan lebih dari 3 tahun perlu terus melahirkan berbagai inovasi baru. Sebab bila tidak, bukan tidak mungkin startup itu tersingkir oleh kompetisi yang semakin ketat dan mati dengan sendirinya.

“Perkembangan tech itu sangat cepat. Jangan sampai startup itu masuk zona stagnasi, banyak startup yang berpeluang menjadi besar akhirnya mati karena miskin inovasi,” ujarnya.

Menurutnya, bekal utama bagi perusahaan rintisan merupakan ide yang kuat. Hanya saja gagasan itu mesti dieksekusi dengan baik.

“Solusi yang diberikan mesti dipastikan betul-betul dibutuhkan. Istilahnya jangan sekadar nice to have, tapi sebenarnya tidak dibutuhkan market,” ujarnya

Dia menyatakan perusahaan rintisan di Indonesia relatif diuntungan dengan begitu besarnya pasar konsumen berperilaku mobile first. “Dengan market seperti itu, startup di sini bisa tumbuh lebih cepat dibanding negara lain,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper