Dunia Puji Perkembangan Pesat Teknologi Informasi di Indonesia

Thomas Mola
Rabu, 31 Januari 2018 | 08:32 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Sekretaris Jenderal International Telecommunication Union (ITU) H.E. Houlin Zhao menyebut, Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sangat pesat.

“Saya sangat bangga melihat pertumbuhan Indonesia yang sangat luar biasa, tumbuh dengan pesat menjadi negara nomor 2 di wilayah Asean. Negara ini memiliki tujuan dan visi yang jelas,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (31/1/2018).

Menurutnya, pemerintah Indonesia memiliki strategi yang tepat dalam menghadapi permasalahan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Salah satunya melalui Proyek Palapa Ring dan satelit.

H.E. Houlin Zhao juga turut menyanjung perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Menurutnya, saat ini banyak pelaku UMKM yang telah mengadopsi teknologi untuk pengembangan bisnis.

“Saat ini Indonesia punya banyak sekali UMKM. Anda bisa temukan pengusaha muda di mana-mana. Sangat dinamis, hi-tech. UMKM punya teknologinya, mereka paham akan pasarnya, sehingga mereka mampu untuk mengembangkan aplikasinya sendiri,” tambahnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menuturkan, isu menghubungkan masyarakat dunia masih menjadi isu utama di bidang telekomunikasi, yang turut dibahas pada Sesi Ekonomi Digital pada World Economic Forum 2018 di Davos-Klosters, Swiss, 23 Januari 2018.

“Isu di Davos minggu lalu ketika kami berdua hadir, bagaimana kita menghubungkan 3 juta lebih orang di dunia ini yang belum terkoneksi. Ini masih menjadi isu utama, how can we connect the unconnected people,” jelasnya.

Senada dengan H.E. Houlin Zhou, Menteri Rudiantara turut menekankan proyek Palapa Ring sebagai upaya menghubungkan masyarakat Indonesia.

“Indonesia memiliki program dan regulasi yang sangat jelas, bagaimana menghubungkan masyarakat kami. Proyek Palapa Ring, pada 2019 diharapkan seluruh kota/kabupaten di Indonesia akan mendapat akses broadband connectivity,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Thomas Mola
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper