Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GERHANA BULAN TOTAL 2018: Muhammadiyah Imbau Umat Islam Gelar Salat Khusuf

Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengeluarkan maklumat yang berisikan imbauan kepada umat Islam se-Indonesia untuk melaksanakan salat gerhana bulan (salat khusuf) pada saat terjadinya Gerhana Bulan Total (GBT) pada 31 Januari 2018.
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 24 Januari 2018  |  11:22 WIB
Gerhana bulan total - express.co.uk
Gerhana bulan total - express.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengeluarkan maklumat yang berisikan imbauan kepada umat Islam se-Indonesia untuk melaksanakan salat gerhana bulan (salat khusuf) pada saat terjadinya Gerhana Bulan Total (GBT) pada 31 Januari 2018.

Dalam suratnya bernomor 01/MLM/1.1/A/2018 yang ditandatangani oleh Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid  Drs Oman Fathurohman MAg dan Sekretaris Drs Mohammad Mas’udi MAg sebagaimana diunggah di laman PP Muhammadiyah dijelaskan gerhana bulan sebagian akan dimulai pukul 18.45 WIB dan memasuki gerhana bulan total dimulai pukul 19.52 WIB dan berakhir pada pukul 21.08 WIB.

Oman Fathurohman secara khusus mengimbau pimpinan maupun warga Muhammadiyah untuk melaksanakan salat khusuf serta melakukan pengamatan gerhana bulan menggunakan alat yang dimiliki.

Proses terjadinya gerhana tersebut diperkirakan akan berlangsung selama 5 jam 20,2 menit.

Berdasarkan laporan BMKG yang diunggah di laman BMKG, fase terjadinya gerhana akan berlangsung dalam 7 fase terdiri dari Gerhana mulai, Gerhana Sebagian mulai, Gerhana Total mulai, Puncak Gerhana, Gerhana Total berakhir, Gerhana Sebagian berakhir, Gerhana berakhir.

Durasi dari fase Gerhana Sebagian mulai hingga Gerhana Sebagian berakhir berlangsung selama 3 jam 23,4 menit. Adapun durasi total yakn dari fase Gerhana Total mulai hingga Gerhana Total berakhir akan berlangsung selama 1 jam 16,8 menit.

Selama tahun 2018, selain GBT, akan terjadi 4 gerhana lainnya yakni Gerhana Matahari Sebagian (GMS) pada 15 Februari 2018 yang tidak dapat diamati dari Indonesia,Gerhana Matahari Sebagian (GMS) pada 13 Juli 2018 yang tidak dapat diamati dari Indonesia, Gerhana Bulan Sebagian (GBS) pada 28 Juli 2018 yang dapat diamati dari Indonesia, Gerhana   Matahari Sebagian   (GMS) pada 11 Agustus 2018 yang tidak dapat diamati dari Indonesia.

Gerhana Bulan didefinisikan sebagai peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.  

Adapun Gerhana  Matahari merupakan peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gerhana Bulan Total
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top