Pendapatan Developer Aplikasi di Asia Tenggara Naik 150%

Agne Yasa
Rabu, 8 November 2017 | 09:27 WIB
Google Playtime/istimewa
Google Playtime/istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Developer aplikasi game asal Indonesia, Rokimas Soeharyo pendiri dari Touchten Games, menjadi sorotan pada ajang Google Playtime yang diadakan pada Kamis, 2 November 2017 di Singapura.

Ajang tahunan khusus undangan ini diadakan oleh Google guna menampilkan para developer berbakat se-Asia Tenggara serta untuk mempelajari praktik terbaik, memperluas jaringan bersama pimpinan Google Play.

Touchten Games merupakan perusahaan mobile games yang berdiri sejak 2009 dan telah di unduh oleh lebih dari 15 juta pengguna. Developer asal Jakarta ini telah menghasilkan game dengan peringkat bintang 4 dari 5 antara lain Sushi Chain, Teka-Teki Saku, Dagelan Puzzle dan Fishing Town yang bekerja sama dengan WWF.

Rokimas mengatakan ini adalah acara istimewa bagi para developer aplikasi Indonesia dan Asia Tenggara yang ingin menuju global. Dia menambahkan pasar game mobile akan mencapai nilai US$53 Miliar pada 2018. Menurutnya melalui Google Playtime, para developer aplikasi se-Asia Tenggara dapat bertemu, berbagi pandangan dan bersama memasuki pasar dunia.

“Ajang ini menjadi wadah bagi para developer untuk dapat menjawab peluang pasar yang besar,” ujarnya melalui rilis, Selasa (7/11/2017).

James Sanders, Direktur Regional dari Google Play Asia Pacific, memberikan gambaran umum mengenai komitmen Google untuk mengembangkan ekosistem para developer di kawasan ini dan bagaimana Google melihat semakin banyaknya developer game terkemuka yang berasal dari Asia Tenggara.

Selain itu, developer game ini memiliki dampak tak hanya bagi ekonomi lokal mereka, namun juga bagi ekonomi regional dan global. Dalam Google Play Time tersebut juga pihaknya mengumumkan bahwa pendapatan para developer Asia Tenggara telah tumbuh lebih dari 150% year-on-year (YoY).

“Kami merasa sangat bangga melihat tingkat perkembangan para mitra tersebut,” ujarnya.

Melihat kondisi semakin banyaknya pengguna menghabiskan waktunya di aplikasi, memberikan dampak semakin terbuka peluang bagi developer Asia Tenggara untuk terus mengembangkan kontennya.

Dalam kesempatan tersebut, Kunal Soni, Kepala Pengembangan Bisnis dari Google Play for South East Asia memandu sesi diskusi panel pada acara Playtime SEA yang dihadiri para developer dari seluruh kawasan Asia Tenggara.

Para developer dari negara-negara di Asia Tenggara bergabung bersama Kunal di atas panggung untuk menjelaskan secara tepat bagaimana mereka menggunakan fitur Google Play untuk membantu inisiatif “Go Global” dan membangun bisnis yang sukses serta memiliki dampak besar di kawasan ini. Para developer tersebut ialah MochiBits dari Filipina, Kurechii dari Malaysia, Touchten Games dari Indonesia, Ookbee dari Thailand dan Amanotes dari Vietnam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper