Bisnis Kamera Panasonic Didominasi Produk Mirrorless

Annisa Sulistyo Rini
Selasa, 17 Oktober 2017 | 02:09 WIB
Ilustrasi./Bisnis
Ilustrasi./Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Bisnis kamera PT Panasonic Gobel Indonesia saat ini didominasi oleh produk kamera mirrorless yang berkontribusi lebih dari 60% dari total penjualan kamera perseroan.

Agung Ariefiandi, Manager Marketing Communication Panasonic, mengatakan dari bisnis kamera perusahaan memiliki produk kamera digital dengan merek Lumix dan video camera. Untuk kamera Lumix, Panasonic menjual dengan jenis kamera mirrorless atau DSLM (digital single lens mirrorless) dan kamera compact.

Bisnis kamera mirrorless, yang mendominasi penjualan Panasonic, secara industri terus tumbuh dari tahun ke tahun. Agung menyebutkan, pada 2016, penjualan kamera mirrorless secara industri tumbuh sekitar 160% dan diperkirakan pada tahun ini masih tumbuh di kisaran 150% secara tahunan.

“Di Panasonic untuk mirrorless tumbuh lebih dari 200% karena permintaan masih cukup besar,” ujarnya kepada Bisnis.com di Jakarta, Senin (16/10/2017).

Permintaan kamera mirrorless yang meningkat salah satunya didorong oleh perubahan gaya hidup masyarakat. Sekarang ini, dengan tren traveling masyarakat yang terus bertumbuh, kamera menjadi kebutuhan.

Kamera mirrorless banyak diminati karena lebih ringan dan mudah dibawa dibandingkan dengan kamera DSLR. “Tren travelling menggunakan low cost carrier yang memiliki keterbatasan bagasi juga membuat masyarakat lebih memilih kamera mirrorless,” katanya.

Selain itu, kualitas kamera mirrorless juga tidak kalah dengan jenis kamera DSLR, bahkan kualitas video yang dihasilkan juga lebih tinggi. Agung menuturkan dibandingkan dengan kamera mirrorless, penjualan kamera DSLR dan kamera compact tengah menurun secara industri.

Untuk kamera compact penurunan cukup tajam, terutama untuk kamera di kelas harga Rp2 juta hingga Rp3 juta karena kalah dengan smartphone. Adapun, untuk saat ini Panasonic memiliki produk DC-GH5 yang menjadi flagship Lumix dengan kemampuan tertinggi dibandingkan dengan produk kamera Panasonic lainnya.

Secara total, untuk produk Lumix Mirrorless Camera, Panasonic memiliki 8 jenis produk, yaitu DC-GH5, DC-GF9K, DMC-G85, DMC-GX85K, DMC-GF8K, DMC-G7K, DMC-GX8, dan DMC-GH4. Selain Lumix Mirrorless Camera, Panasonic juga memiliki produk Lumix Digital Camera, Lumix G Lenses, dan camcorders.

Agung menyatakan perusahaan berencana meluncurkan produk kamera mirrorless baru di awal tahun depan. Secara total, kontribusi penjualan kamera terhadap bisnis Panasonic masih berada di angka 10%. Walaupun secara masih kecil kontribusi yang dihasilkan, pertumbuhan penjualan kamera Panasonic merupakan salah satu yang tertinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper