Bos Facebook Mark Zuckerberg Disebut Tak Punya Perasaan. Ini Penyebabnya

Renat Sofie Andriani
Selasa, 10 Oktober 2017 | 15:42 WIB
CEO Facebook Mark Zuckerberg/Reuters
CEO Facebook Mark Zuckerberg/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah pengguna dunia maya meneriaki Mark Zuckerberg sebagai miliarder tidak berperasaan dan menuduh bos Facebook tersebut telah mengeksploitasi bencana badai di Puerto Rico demi kepentingan bisnis.

Pada Senin (9/10) waktu setempat, Zuckerberg mendemonstrasikan Facebook Spaces, sebuah produk yang memungkinkan para penggunanya membuat kartun avatar virtual reality (VR) 3D diri mereka sendiri untuk digunakan dengan headset Oculus Rift VR.

Produk ini memungkinkan para penggunanya untuk berkomunikasi dengan pengguna lain melalui keberadaan avatar mereka di tempat yang sama bahkan jika mereka tidak di tempat yang sama. Secara virtual, Zuckerberg dipindahkan ke Puerto Rico dengan Rachel Franklin, kepala VR sosial di Facebook.

Dalam sebuah video di halaman Facebook-nya, Zuckerberg mengatakan, “Salah satu hal yang benar-benar ajaib tentang kenyataan dunia maya adalah Anda bisa merasakan benar-benar berada di suatu tempat.”

Franklin kemudian meresponnya dengan berkata, “Gila rasanya, seperti Anda berada di tengah-tengahnya.”

Bos Facebook Mark Zuckerberg Disebut Tak Punya Perasaan. Ini Penyebabnya

Komentar dan keseluruhan video tersebut serta merta dihempaskan oleh pengguna media sosial karena dianggap tidak memiliki kepekaan.

“Apakah ini sebuah lelucon? Warga Puerto Rico menderita dan Anda menggunakan tragedi kami untuk ini? Miliarder yang tak punya perasaan,” tukas seorang pengguna Facebook, Rosaida Castro, mengomentari video tersebut, seperti dikutip dari laman CNBC, Selasa (10/10/2017).

Komentar bernada serupa datang dari Paul Rickett yang mencemooh bahwa Zuckerberg tidak bisa membiarkan tragedi yang baik menjadi sia-sia. “Dia harus mempromosikan Facebook. Tipikal. Semua yang dia katakan (adalah) tentang Facebook bukan korban ataupun penderitaan mereka.”

Badai Maria memukul Puerto Rico bulan lalu, yang berdampak pada lumpuhnya listrik dan kehidupan warga akibat langkanya kebutuhan pokok.

Di sisi lain, banyak juga pengguna medsos yang memuji upaya Zuckberg dalam VR, beserta dorongan Facebook untuk membantu mereka yang terkena dampak Badai Maria di Puerto Rico.

Zuckerberg pernah berbicara tentang fitur seperti Safety Check, yang memungkinkan pengguna di jejaring sosial untuk menandai diri mereka selamat saat bencana alam terjadi. Facebook juga disebut telah menyumbangkan lebih dari US$1,5 juta untuk bantuan di Puerto Rico.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper