Kaspersky Lab Luncurkan Kampanye Tingkatkan Kesadaran Keamanan Internet

Agne Yasa
Jumat, 4 Agustus 2017 | 08:44 WIB
Internet/Ilustrasi
Internet/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kaspersky Lab meluncurkan kampanye tingkatkan kesaradan keamanan internet bagi kawasan Asia Pasifik pada Kamis (3/8/2017), sebagai upaya perusahaan untuk mendidik masyarakat serta menyebarkan kesadaran akan keamanan dalam menggunakan internet.

Kampanye yang disebut Goondus Awards ini mengajak masyarakat untuk berbagi pengalaman mengenai kesalahan dan kecurangan yang mereka alami ketika menggunakan internet sehingga menyebabkan rusaknya reputasi atau kerugian finansial maupun properti bagi individu.

Situs Goondus Awards tidak akan memuat nama pengguna yang berbagi pengalaman tidak menyenangkan tersebut, dan lebih menyoroti insiden yang mereka alami ketika melakukan praktik Internet yang tidak benar sehingga menyebabkan beberapa bentuk kerugian bagi mereka.

Sylvia Ng, General Manager, Kaspersky Lab South East Asia mengatakan Kaspersky Lab ingin mendidik masyarakat tentang cara berperilaku yang aman ketika menggunakan internet serta menunjukkan contoh nyata dari perilaku pengguna yang salah sehingga berakibat pada beberapa bentuk kehilangan atau kerusakan.

"Beberapa cerita mungkin terlihat lucu atau bahkan meragukan, tetapi dampak dan kerusakan itu benar nyata dan dalam beberapa kasus parah. Karena cerita yang ditampilkan dalam situs ini sama sekali anonim, maka kami mendorong masyarakat agar mengarahkan kampanye ini sehingga pesan dapat tersampaikan yaitu hanya dengan berperilaku yang aman dan bertanggung jawab maka internet akan menjadi lebih aman bagi pengguna," jelasnya melalui rilis yang diterima Bisnis, Kamis (3/8/2017).

Goondus Awards menampilkan beragam cerita mulai dari kejadian lucu hingga tindakan yang tidak cerdas dan insiden menyedihkan yang melibatkan kerugian finansial atau reputasi.

Kampanye tersebut bertindak sebagai inisiatif untuk meningkatkan kesadaran akan keamanan di dunia maya dalam bentuk yang menarik melalui berbagi cerita pribadi. Kampanye ini juga berfungsi untuk membantu pengguna internet meningkatkan pengalaman online yang positif dan menyenangkan.

Semakin mudahnya akses ke internet, tanpa disadari pengguna mengembangkan rasa puas diri atau bahkan bentuk kenaifan ringan dalam kehidupan digital mereka sehari-hari, yang berpotensi menjadikan diri mereka sebagai korban kejahatan dunia maya.

Goondus Awards bertujuan untuk mengingatkan pengguna bahwa mereka tidak sepeenuhnya aman dari para penjahat dunia maya dan mereka harus terus waspada, mempraktikkan dan terus melakukan prilaku aman ketika menggunakan internet guna melindungi diri mereka sendiri.

Adapun salah satu contoh klasik dari sebuah cerita yang mungkin terjadi pada siapa pun seperti yang baru-baru ini terjadi yaitu pesan berantai yang menyebut operator seluler tertentu sedang membagikan gratis kuota data internet yang menyebar di aplikasi WhatsApp.

Kaspersky mengatakan aksi kejahatan seperti ini biasanya berusaha membuat korban mengklik link palsu untuk mendapatkan informasi pribadi pengguna, atau berpura-pura menjadi kenalan korban untuk mendapatkan uang.

Adapun Goondus Awards memiliki kriteria untuk penyerahan cerita yaitu hal tersebut harus didasarkan pada kejadian nyata yang menyebabkan kerugian berwujud atau tidak berwujud terkait penggunaan Internet.

Pemenang akan dipilih oleh dewan juri di mana peserta berpeluang memenangkan iPad Mini atau Tablet dan juga disediakan hadiah bulanan seperti paket eksklusif dari Kaspersky Lab.

Situs ini juga mencakup tip dan saran dari pakar keamanan siber dan elaborasi tentang berbagai jenis penipuan seperti penipuan cinta di Internet, tebusan untuk penipuan phishing, akan diinformasikan lebih lanjut kepada pengguna.

Bagian "Tip" di situs web menampilkan artikel dari blog Kaspersky Lab yang dikategorikan berdasarkan berbagai isu dan bentuk penipuan yang disorot di situs web. Pihak Kaspersky Lab mengatakan konten pendidikan ini berfungsi untuk memberi saran kepada pengguna tentang bagaimana mencegah kejadian semacam itu terjadi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper