Potensi Pasar Iklan Digital Besar

Sholahuddin Al Ayyubi
Jumat, 21 Juli 2017 | 01:34 WIB
Internet/Ilustrasi
Internet/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Situs direktori bisnis Indonesia Yellow Pages resmi meluncurkan otomasi digital marketing untuk UMKM agar mendapatkan pasar iklan digital yang tahun ini diprediksi mencapai angka sebesar Rp18,3 triliun dengan tingkat pertumbuhan per tahun mencapai 60%.

Syaifudin‎, Chief Executive Officer (CEO) MD Media mengemukakan dewasa ini potensi pasar iklan digital masih sangat besar di Indonesia. Menurutnya hal tersebut dikontribusi oleh tingkat penetrasi Internet dan pengguna smartphone yang semakin besar di Tanah Air.

"Tumbuhnya market size digital advertising ini disebabkan ada 132,7 juta pengguna internet saat ini dan 106 juta pengguna media sosial dan 371 pemilik akun mobile. Jadi, ini menjadi peluang kita dalam mengembangkan situs direktori bisnis Yellow Pages," tuturnya di Jakarta, Kamis (20/7).

Dia menjelaskan peluang tersebut harus dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM Indonesia dengan cara akif melakukan aktivitas digital marketing untuk mendatangkan lebih banyak calon konsumen.

"Karena itu, Yellow Pages berusaha mewujudkan kemudahan untuk UKM dalam menjalankan digital marketing melalui platform otomasi untuk beriklan di mesin pencari, sponsored listing dan targeted SMS," katanya.

Menurutnya, fitur otomasi digital yang telah dikembangkan Yellow Pages dengan tampilan antar pengguna yang mudah dioperasikan penggunanya, memiliki fungsi cerdas dalam menjalankan digital marketing secara otomatis. Sehingga dia mengatakan para pelaku UMKM dapat langsung mengekseskusi digital dengan tepat sasaran.

"Tujuan otomasi digital marketing adalah mendatangkan eksposure yang lebih terhadap bisnis dan membantu meningkatkan pendapatan bisnis,” ujarnya.

Seperti diketahui, otomasi iklan di google adwords adalah salah satu fitur yang memudahkan pelaku UMKM untuk beriklan di platform periklanan di google. Fitur ini membantu menampilkan informasi bisnis pengguna untuk berada di halaman pertama mesin pencari google melalui kata kunci yang relevan dan sesuai dengan target konsumen.‎

Sedangkan, melalui fitur otomasi iklan targeted SMS, para pelaku UMKM dapat memanfaatkan saran promosi melalui SMS, sesuai target konsumen, seperti segmentasi kesamaan minat, lokasi dan operator seluler. Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengiklankan produk atau informasi promosi melalui SMS blast ke jutaan pengguna ponsel di Indonesia.

‎Selain itu, fitur otomasi iklan listing membantu UMKM menampilkan profil bisnis pengguna di urutan teratas pada halaman homepage, kategori dalam kolom search, serta otomasi tampil secara cerdas dengan demografi profil calon konsumen.

Sementara itu,  CEO Kofera Technology Bachtiar Rifai mengemukakan pihaknya telah bekerja sama dengan Yellow Pages untuk membuat situs tersebut semakin mudah dalam melakukan otomasi marketing. Dia berharap, melalui teknologi yang diciptakan untuk Yellow Pages tersebut dapat membantu UMKM dalam menggarap potensi bisnis di Indonesia.

"Jumlah UKM yang sangat besar di Indonesia akan menjadi potensi yang sangat besar di bisnis digital. Dengan keahlian dan teknologi yang kami miliki, kami akan membantu Yellow Pages untuk terus menggaet segmen UKM di Indonesia, sehingga bisnis UKM dapat berkembang sesuai dengan perkembangan dunia digital saat ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper