2016, Pengguna Aplikasi Keuangan Tumbuh 36%

Sholahuddin Al Ayyubi
Senin, 17 Juli 2017 | 15:04 WIB
Applikasi Annie/Istimewa
Applikasi Annie/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pengguna layanan aplikasi keuangan telah meningkat sekitar 36% sepanjang 2016 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya‎. Bahkan, pertumbuhan ini lebih besar daripada tingkat unduhan seluruh aplikasi non-game.

Danielle Levitas, SVP Research & Marcom, App Annie mengemukakan, ‎saat ini jumlah pengunduh aplikasi keuangan secara global meningkat 100% selama dua tahun terakhir.

Menurutnya, khusus pada pasar Asia Pasifik, pertumbuhan tingkat unduhan pada aplikasi keuangan telah melampaui pertumbuhan tingkat download untuk seluruh aplikasi non-game.

"Angka ini memang cukup mengejutkan ya. ‎Tetapi memang, berdasarkan riset kami, penggunaan aplikasi Keuangan di tahun 2016 meningkat 36% dibandingkan tahun 2015. Bahkan, Korea Selatan dan Australia memiliki tingkat peningkatan dua kali lipat di tahun 2016 dibandingkan tahun 2014," tuturnya di Jakarta, Senin (17/7/2017).

Danielle menjelaskan, dewasa ini aplikasi memberikan peranan unik untuk memperdalam hubungan antara konsumen dengan penyedia layanan jasa keuangan.

Hal tersebut dapat membuat pengguna aplikasi menjadi lebih aman, selain itu bank juga mendapatkan keuntungan karena adanya efisiensi biaya transaksi di cabang sekaligus menciptakan peluang penjualan baru.

"Bank harus mengikuti perkembangan teknologi baru dan keinginan konsumen untuk mendapatkan pengalaman dalam menggunakan aplikasi terbaik di kelasnya. Bank yang gagal beradaptasi akan mulai ditinggalkan oleh konsumennya," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper