Layanan Data XL Melonjak 218% Saat Lebaran

Peni Widarti
Kamis, 6 Juli 2017 | 01:59 WIB
XL Axiata/xl.co.id
XL Axiata/xl.co.id
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - Operator selular PT XL Axiata Tbk mencatat kenaikan trafik layanan data pada Lebaran tahun ini mencapai 218% dibandingkan momen yang sama tahun lalu.

Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan bila dibandingkan dengan hari-hari biasa, trafik layanan data XL pada saat Lebaran tumbuh sekitar 15%.

 "Peningkatan yang mencapai 218% ini dikarenakan perluasan layanan 4G LTE dan 3G U900 di berbagai daerah di Indonesia, sehingga akitivitas akses layanan jadi meningkat," katanya dalam siaran pers, Rabu (5/7/2017).

Yessie memaparkan, layanan data kembali mendominasi kenaikan trafik, di mana pelanggan secara lebih aktif mengkases berbagai jenis layanan data, terutama media sosial berbagai platform. Trafik Data selama periode H-5 hingga H+2 tercatat total lebih dari 4020 TB, meningkat dari rata-rata trafik data di hari-hari biasa sebesar 3.600 TB.

Akses ke sejumlah media sosial popular memang meningkat dibandingkan trafik akses pada hari biasa. Trafik akses ke Facebook tertinggi meningkat lebih dari 50%, Instagram lebih dari 20%, serta YouTube lebih dari 17%.

"Kenaikan dipicu oleh kebutuhan pelanggan untuk berbagi informasi dan pengalaman menjalani aktivitas seputar merayakan Lebaran," imbuhnya.

Selain itu, kenaikan trafik juga terjadi pada akses ke layanan Google seperti Google Map dan aplikasi penunjuk rute jalan dan kepadatan lalu lintas Waze hingga mencapai lebih dari 135%. Kenaikan akses ke kedua layanan tersebut seiring dengan melonjaknya kebutuhan pelanggan atas informasi rute dan kondisi lalu lintas saat menuju kampung halaman dan lokasi-lokasi wisata di luar Jabodetabek.

XL mencatat pergerakan trafik yang terjadi wilayah Jabodetabek menurun, sedangkan trafik di wilayah Jawa Tengah, Di Yogyakarta, dan Jawa Timur meningkat.

Saat hari H Lebaran (25 Juni 2017), jumlah pelanggan di Jabodetabek menurun sebesar 23%. Sebaliknya di beberapa wilayah yang menjadi tujuan mudik utama mengalami peningkatan jumlah pelanggan, seperti di Jawa Barat meningkat 13,5%, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta 22%, serta Jawa Timur 10,5%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper