Pasar Samsung dan Apple Digasak Vendor China

Thomas Mola
Senin, 29 Mei 2017 | 22:23 WIB
Logo Apple Inc./Ilustrasi-Reuters
Logo Apple Inc./Ilustrasi-Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan riset teknologi informasi Gartner menyebutkan penjualan ponsel pintar (smartphone) global mencapai 380 juta unit, naik 9,1% pada kuartal I/2017. Vendor China menjadi pendorong utama penjualan ponsel global.

Gartner menyebutkan pembeli ponsel berani mengeluarkan uang lebih banyak untuk mendapatkan ponsel pintar kesukaan sehingga menciptakan peningkatan rata-rata harga jual ponsel pintar.

Pergeseran pembeli itu memberikan dampak positif kepada vendor asal China seperti Huawei, Oppo, dan Vivo yang menerapkan strategi menelurkan ponsel dengan harga terjangkau. Tiga vendor asal Negeri Tirai Bambu ini mencaplok 24% pangsa pasar, naik 7% (y-o-y).

Anshul Gupta, Direktur Riset Gartner, mengatakan vendor China mampu memengaruhi pasar berkat penjualan ponsel dengan harga yang kompetitif, kualitas tinggi lengkap dengan fitur-fitur inovatif.

"Lebih jauh, promosi dan marketing yang agresif telah membantu brand ini mengambil pangsa pasar di India, Indonesia dan Thailand," ujarnya seperti dikutip, Senin (29/5/2017).

Adapun, lima besar penguasa pasar ponsel pintar ialah Samsung dengan 20,7%, Apple 13,7%, Huawei 9%, Oppo 8,1%, dan Vivo 6,8%. Sebelumnya, pada kuartal I/2016, Samsung memiliki pangsa 23,3%, Apple 14,8%, Huawei 8,3%, Oppo 4,6%, dan Vivo 4%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Thomas Mola
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper