Ini Strategi yang Diperlukan dalam Marketing of Entertainment

Lucky Leonard
Sabtu, 6 Mei 2017 | 19:34 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Berhasil tidaknya sebuah produk hiburan di pasaran sangat tergantung pada kualitas konten. Namun, ada beberapa langkah yang diperlukan untuk memperbesar keberhasilan pemasarannya.

President Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Jakarta Sophan Supandi mengatakan ada empat elemen dasar bagi pemasaran produk hiburan yang biasa disebut 4C.

Pertama adalah content atau isi produk tersebut yang terdiri dari ide awal sampai siap dipasarkan.

Kedua, conduit atau saluran. Sebelum dipasarkan, perlu diperhitungkan saluran yang tepat untuk memasarkan produk hiburan tersebut. Contohnya bioskop untuk film.

Ketiga, consumption atau siapa target pasar yang dituju. Menurutnya, hal ini akan memengaruhi seberapa besar skala pemasaran yang dibutuhkan.

Terakhir, convergence atau gabungan antara media dan teknologi. Dalam tahap ini, penjual harus jeli dalam memanfaatkan teknologi dan media untuk menarik minat segmentasi yang ditargetkan.

"Harus diperhatikan juga kesinambungan produk yang dibuat dan siapa saja pemain yang terlibat di pasar," katanya dalam acara Jakarta Marketing Week 2017 di Mall Kota Kasablanka, Sabtu (6/5/2017).

Selain itu, dia juga menjelaskan strategi lainnya, yakni dengan menggunakan pertanyaan 5W, yakni what, who, why, where, dan when. Pertanyaan tersebut bisa dipakai untuk menentukan jenis produknya hingga kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper