Di Usia ke-10, iPhone Bakal Diupgrade Total

Agne Yasa
Selasa, 18 April 2017 | 22:03 WIB
Apple/pixabay
Apple/pixabay
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sepuluh tahun setelah Steve Jobs mengenalkan iPhone di San Francisco, Apple Inc berencana mengeluarkan iPhone seri berikutnya.

Dilansir dari Bloomberg, Selasa (18/4/2017), Apple mempersiapkan tiga iPhone untuk rencana peluncuran paling cepat di musim gugur ini, termasuk versi upgrade dari dua model iPhone saat ini dan perangkat baru dengan tampilan yang telah dirombak.

Untuk ponsel yang didesain ulang, Apple sedang menguji jenis layar yang baru, dengan kaca lengkung dan bahan stainless steel, dan kamera yang lebih canggih, kata sumber.

Kehadiran iPhone desain ulang yang ditunggu-tunggu ini, bagaimanapun, mungkin membutuhkan waktu lebih lama karena kendala pasokan yang dapat berarti perangkat tidak tersedia sampai satu atau dua bulan setelah diperkenalkan.

iPhone adalah produk Apple yang paling penting dan mewakili sekitar dua per tiga dari penjualan. Produk ini juga membuat pelanggan terdorong membeli perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple Watch dan berfungsi sebagai rumah untuk layanan yang menguntungkan seperti App Store.

Jajaran iPhone baru tahun ini datang pada saat yang kritis. Tahun lalu, Apple mematahkan siklus upgrade khas dengan mempertahankan bentuk iPhone yang sama untuk tahun ketiga berturut-turut.

Sementara ponsel pintar besutan Samsung Electronics Co. yakni S8 baru juga telah menerima respon yang baik setelah tahun lalu terjadi masalah dengan baterai Note 7.


Teknologi Layar Baru
Untuk model premium, Apple sedang menguji layar yang menutupi hampir seluruh depan perangkat, menurut sumber. Ini menghasilkan layar yang sedikit lebih besar dari iPhone 7 Plus tapi ukuran keseluruhan lebih dekat dengan iPhone 7, menurut sumber.

Apple juga bertujuan untuk mengurangi ukuran keseluruhan perangkat dengan mengintegrasikan tombol home ke layar itu sendiri melalui perangkat lunak dengan cara yang mirip dengan S8 Samsung, kata sumber.

Produk iPhone yang dirombak akan menggunakan layar organic light-emitting diode yang lebih akurat menunjukkan warna, sementara dua ponsel lainnya akan terus menggunakan teknologi liquid crystal display dan dalam ukuran yang sama yakni layar 4,7 inci dan 5,5 inci, seperti tahun lalu untuk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, menurut sumber.

Fitur dan desain Apple iPhone masih dalam rencana dan dapat berubah, mereka menambahkan. Orang-orang meminta untuk tidak membahas pengujian dan desain rencana pribadi Apple.

Untuk ponsel yang didesain ulang, Apple telah diuji beberapa purwarupa dengan mitra manufaktur di Asia, termasuk beberapa versi yang menggunakan kaca lengkung dan stainless steel, menurut salah satu orang.

Salah satu desain purwarupa terbaru termasuk simetris, kaca sedikit melengkung pada bagian depan dan belakang. Kurva mirip dalam bentuk untuk iPhone 7. Di mana layar OLED baru itu sendiri datar, sedangkan kurva penutup kaca menjadi kerangka baja. Desainnya secara konseptual mirip dengan iPhone 4 dari 2010.

Apple juga menguji purwarupayang lebih ambisius dengan layar sedikit melengkung di depan dan baja frame yang sama, tetapi layar kaca kembali dengan kurva lebih dramatis pada bagian atas dan bawah seperti desain iPhone asli dari tahun 2007, salah satu sumber mengatakan.

Pemasok komponen Apple berusaha memproduksi kaca melengkung dalam jumlah massal sehingga perusahaan teknologi terebut bisa percaya diri mengeluarkan perangkat versi kurva sumber tersebut. Perusahaan ini juga menguji desain yang lebih sederhana dengan aluminium, dibanding kaca, dan dimensi yang sedikit lebih besar, kata salah satu sumber.

Samsung yang lebih dulu dengan ruang display OLED mobile, Samsung akan menikmati kontes smartphone high-end tahun ini. Saat peluncuran, Apple secara eksklusif akan menggunakan panel OLED dari Samsung Display Co untuk iPhone yang didesain ulang.

Tahun lalu, Bloomberg melaporkan pemasok lain tidak siap memasok panel OLED dalam jumlah massal. Apple telah memesan sekitar 100 juta panel dari Samsung, kata sumber.

"Musim gugur ini, akan menjadi 3 tahun sejak perubahan yang luar biasa dalam hardware iPhone. Hal ini menimbulkan harapan untuk ponsel tahun ini memiliki perubahan material dalam fungsi dan tampilan. Samsung Galaxy S8 menaikkan bar agar Apple bisa memukul home run," kata Gene Munster co-founder Loup Ventures dan Analisis produk Apple.

Adapun juru bicara untuk Apple dan Samsung menolak berkomentar.


Fitur Pembaruan
Apple juga telah bereksperimen dengan mengintegrasikan scanner sidik jari iPhone ke layar dari versi OLED, yang akan menantang secara teknis, kata sumber.

Saat ini belum jelas apakah fitur tersebut akan ada di produk akhir. Samsung juga mencoba pendekatan ini untuk S8, tapi akhirnya menginstal pembaca sidik jari lebih standar pada bagian belakang ponsel, karena adanya tantangan, kata sumber lain.

Perubahan kamera signifikan juga dalam pengujian untuk Apple iPhone yang dirombak ini. Untuk belakang ponsel, Apple sedang menguji versi ponsel dengan sistem dual-kamera yang diposisikan secara vertikal, bukan horizontal seperti pada iPhone 7 Plus.

Untuk bagian depan kamera, Apple sedang menguji lensa ganda, ujar salah satu sumber. Adapun iPhone 7 dan 7 Plus memiliki kamera depan tunggal. Seperti yang telah dilakukan di masa lalu, Apple menggunakan komponen kamera dari Sony Corp, sumber tersebut menambahkan.

Apple juga mengeksplorasi tambahan fitur berbasis realitas dan kedalaman untuk sistem kamera iPhone, Bloomberg News melaporkan awal tahun ini. Insinyur Apple sebelumnya juga telah bereksperimen mengintegrasikan kamera ke layar.

Produk iPhone yang baru akan menggunakan iOS 11, sistem operasi mobile yang akan mencakup user-interface segar dan akan diumumkan pada bulan Juni pada konferensi tahunan perusahaan untuk pengembang, menurut sumber.

Apple telah menguji menggunakan prosesor yang lebih cepat berdasarkan pada proses produksi 10 nanometer yang lebih kecil untuk ketiga model yang baru, turun dari 16 nanometer dari iPhone saat ini ada. Prosesor yang lebih kecil dan lebih efisien memungkinkan Apple mempertahankan standar hidup baterai sambil menambahkan fitur yang lebih canggih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper