Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apple Uji Coba Mobil Tanpa Pengemudi

Apple Inc telah mendapatkan izin untuk menguji kendaraan tanpa pengemudi atau swakemudi (otonom) di California, seperti dikutip dari Reuters Minggu (16/4/2017).
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 17 April 2017  |  04:49 WIB
Kantor pusat Apple Inc di California, AS - Reuters/Noah Berger
Kantor pusat Apple Inc di California, AS - Reuters/Noah Berger

Bisnis.com, JAKARTA - Apple Inc telah mendapatkan izin untuk menguji kendaraan tanpa pengemudi atau swakemudi (otonom) di California, seperti dikutip dari Reuters Minggu (16/4/2017).

Dengan izin ini memungkinkan Apple untuk melakukan test drive di tiga kendaraan dengan enam pengemudi, kata State Department of Motor Vehicles di mana kendaraannya semua adalah 2015 Lexus RX450h, menurut DMV.

Meskipun tidak pernah secara terbuka mengakui bahwa mereka sedang mencari orang untuk membangun sebuah mobil listrik, Apple telah merekrut puluhan ahli mobil dalam beberapa tahun terakhir, dan izin tersebut membuka tirai sedikit pada rencana yang mungkin terjadi.

"Ini mengonfirmasi apa yang telah lama dikabarkan, bahwa Apple setidaknya bermain dengan gagasan untuk masuk ke dalam permainan swakemudi dalam beberapa kapasitas," kata Chris Theodore, presiden konsultan Theodore & Associates, dan seorang mantan wakil presiden di Ford Motor Co ( FN) dan Chrysler.

Namun, izin itu tidak berarti Apple pasti membangun mobil.

"Ini belum tentu mobil seperti yang awalnya dikabarkan, tapi perangkat lunak atau mungkin perangkat keras yang terkait dengan teknologi otonom," kata Theodore.

Seorang juru bicara Apple menolak berkomentar secara langsung mengenai pengajuan tersebut, dan menunjuk kembali sebuah pernyataan yang dibuat perusahaan pada bulan November saat menulis ke Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya A.S. (NHTSA) mengenai masalah pengatur kendaraan penggerak sendiri.

"Perusahaan berinvestasi besar dalam mempelajari mesin dan otomasi mesin, dan sangat antusias dengan potensi sistem otomatis di banyak bidang, termasuk transportasi," Direktur Integritas Produk Apple, Steve Kenner, menulis dalam lima halaman itu.

Eksekutif Apple cenderung belum terbuka terkait minat mereka terhadap mobil. Chief Executive Tim Cook telah menyarankan agar Apple melampaui integrasi smartphone Apple ke sistem infotainment kendaraan.

Apple bergabung dengan daftar produsen mobil, perusahaan teknologi, dan up start kecil untuk menguji mobil di California, di mana semuanya berlomba-lomba menjadi yang pertama untuk memiliki kendaraan komersial di jalanan.

Perusahaan yang telah mengeluarkan izin juga menyertakan unit Google Alphabet Inc (GOOGL.O), Ford Motor Co (FN), Volkswagen AG (VOWG_p.DE), Daimler AG (DAIGn.DE), Tesla Motors Inc (TSLA.O) dan General Motors Co (GM.N).

Banyak perusahaan mengatakan bahwa mobil pertama akan diluncurkan pada 2020 namun beberapa ahli percaya bahwa hal itu mungkin memerlukan waktu lebih lama karena tantangan peraturan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top