Kemenperin Optimistis Ekonomi Digital Terus Tumbuh

Dara Aziliya
Sabtu, 8 April 2017 | 02:26 WIB
Ilustrasi/Hoovers
Ilustrasi/Hoovers
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG -- Kementerian Perindustrian optimistis pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia terus berjalan, dan ditargetkan nilainya dapat mencapai US$12 miliar hingga empat tahun mendatang. Pemerintah mencatat sejumlah investasi fasilitas inovasi digital mulai tumbuh di Tanah Air.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan berbagai fasilitas ekonomi digital mulai lahir di Indonesia. Ekonomi digital membantu Indonesia memasuki era Internet of Things (IoT) atau revolusi industri 4.0.

"Keberadaan fasilitas inovasi sangat diapresiasi. Kementerian memiliki fasilitas digital di Bali, swasta memiliki di Batam. Di Malang ada, dan sebentar lagi di Bandung ada," kata Airlangga dalam kunjungannya ke Bandung, Jumat (7/4).

Dia mencontohkan fasilitas digital milik pemerintah yang ada di Bali, telah terkoneksi langsung dengan pasar animasi global. Fasilitas inovasi digital yang lahir pun mendorong generasi muda Indonesia mengeksplorasi diri di industri tersebut.

Adapun, kemarin (7/4) Airlangga melakukan peninjauan pembangunan Bandung Creative Hub yang menjadi sentra generasi muda Bandung berkreasi. Dia berkomitmen membangun ketersambungan antara pusat-pusat inovasi dengan market.

"Pemerintah Daerah menyiapkan pusat inovasi, Kemenperin mendorong dengan balai-balai pendidikan. Nanti pemerintah juga akan memfasilitasi dengan market access sehingga ada multiplikasi dari prototipe-prototipe yang sudah diciptakan," jelas Airlangga.

Menurut catatannya, ada beberapa hal yang diyakini menjadi pengerek pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia, salah satunya yaitu transaksi melalui online payment yang tahun nilainya telah mencapai US$1 miliar.

Ada pula faktor pengerek lainnya yang sedang tumbuh masif di Indonesia seperti online trading, animasi, dan industri perfilman.

Airlangga mencontohkan pemerintah tengah mendorong industri kecil dan menengah (IKM) untum dapat memanfaatkan marketplace digital untuk terhubung dengan konsumen. Dia menagetkan pendapatan IKM dapat meningkat hingga 10 kali lipat dengan skema pemasaran digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper