Masuk China, Apple Seperti Luntang Lantung Tak Tentu Arah

Sri Mas Sari
Sabtu, 18 Maret 2017 | 22:37 WIB
Apple/pixabay
Apple/pixabay
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Apple Inc. tak memiliki tujuan spesifik untuk pangsa pasar di China, di sana mereka malah menghadapi persaingan sengit dari produsen gadget lokal.

Mengutip Bloomberg, Sabtu (18/3/2017), Chief Executive Officer Apple Inc. Tim Cook mengatakan China memiliki karakteristik unik, pasar pembayaran mobile-nya mengungguli Amerika Serikat dan konsumen lokalnya memiliki kemauan mengubah kebiasaan.

Pernyataan itu disampaikannya dalam diskusi panel pada Forum Pembangunan China di Beijing. Dia menambahkan, pusat penelitian dan pengembangan baru Apple di China semestinya membantu perusahaan menjangkau komunitas perguruan tinggi di negeri itu.

Apple menghadapi tantangan yang terus tumbuh dari merek-merek ponsel lokal, seperti Oppo dan Huawei, yang tengah menggerogoti pangsa pasar dan menekan Apple serta Samsung Electronics Co. sejak Xiaomi Corp terjun menjadi pemain sekitar 2011.

Termasuk Vivo, vendor China menguasai 48% ekspor sepanjang 2016, menurut estimasi lembaga riset IDC. Dengan perangkat layar yang fleksibel dan lentur, mereka ingin mendominasi pasar tahun ini. Penurunan pengapalan Apple pada kuartal IV/2016 telah menegaskan bagaimana iPhone 7 gagal menciptakan percikan dahsyat di China.

Cook menyampaikan kepada panel bahwa China harus lebih terbuka pada investasi asing mengingat globalisasi telah mengangkat ratusan juta kemiskinan di seluruh dunia, bahkan tak terhitung di banyak negara.

Dia mengatakan inovasi Apple dapat menciptakan lapangan kerja di China dan pengembangan aplikasi Apple telah membuka dua juta pekerjaan di negara berpenduduk terbanyak di dunia itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper