Adu Tangguh RAM 4GB‎ Samsung Galaxy S7 Duos dan Xiaomi Mi5

Produsen smartphone Samsung dan Xiaomi dewasa ini sedang berlomba-lomba menarik minat konsumen agar membeli produknya dengan menawarkan ponsel yang memiliki RAM cukup besar, yaitu berkekuatan 4 GB.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 12 Oktober 2016  |  15:14 WIB
Adu Tangguh RAM 4GB‎ Samsung Galaxy S7 Duos dan Xiaomi Mi5
Ponsel pintar Samsung S7 baru (kanan) dan S7 Edge terpajang setelah upacara peluncuran di Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, Minggu (21/2/2016). - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen smartphone Samsung dan Xiaomi dewasa ini sedang berlomba-lomba menarik minat konsumen agar membeli produknya dengan menawarkan ponsel yang memiliki RAM cukup besar, yaitu berkekuatan 4 GB‎.

Samsung menawarkan smartphone Galaxy S7 Duos, sedangkan Xiaomi berusaha menandingi ponsel buatan Negeri Gingseng tersebut melalui produk Xiaomi Mi5 yang ke duanya memiliki RAM sebesar 4GB.

Dengan RAM berukuran sebesar 4GB, ‎konsumen dapat melakukan berbagai aktivitas di dalam ponsel secara bersamaan, tanpa menimbulkan hang pada smartphone yang biasa terjadi jika melakukan multi tasking dengan RAM berukuran dibawah 2GB.

Biasanya, pengguna smartphone yang memilih untuk menggunakan ponsel berkekuatan RAM sebesar 4GB tersebut, digunakan untuk bermain game dengan kualitas tinggi, termasuk melakukan aktivitas editing gambar melalui smartphone agar dapat dilakukan dimanapun melalui ponsel.

Secara historis, ‎produsen Samsung lebih dulu memperkenalkan Galaxy S7 Duos pada Maret 2016, sedangkan satu bulan setelahnya yaitu April 2016, Xiaomi baru memperkenalkan Mi5 kepada konsumen smartphone di Indonesia. Dari sisi jaringan, ke dua smartphone tersebut sudah mensupport jaringan GSM/HSDPA/LTE 4G.

Sistem Operasi

Kemudian, dari sisi platform dan Operating Sistem (OS), Samsung dan Xiaomi telah menyiapkan Android versi terbaru yaitu Android versi 6.0 atau dikenal dengan nama Android Marshmallow yang membuat tampilan layar lebih bersahabat.

Dapur pacu yang digunakan oleh Xiaomi Mi5 yaitu Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 dengan CPU Quad-core 2x1.8 GHz Kryo dan 2x1.36 GHz Kryo untuk versi standar edition, sedangkan CPU untuk edisi prime atau pro edition adalah Quad-Core 2x2.15 GHz Kyro dan 2x1.6 GHz Kyro dan GPU Andreno 530.

 

Sedangkan,Samsung Galaxy S7 Edge duos juga menggunakan ‎dapur pacu yang hampir sama yaitu Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 Exynos 8890 Octa dengan CPU Octa Core 4x2.3 GHz Mongoose dan 4x1.6 GHz Cortex-A53 ditambah dengan GPU Andreno 530 Mali T880 MP12.

Sementara itu, dari sisi penyimpanan, ‎Samsung telah mempersiapkan Galaxy S7 Duos dengan penyimpanan internal dalam dua versi yaitu sebesar 32GB dan 64 GB ditambah dengan dukungan RAM sebesar 4GB dan memori eksternal MicroSD yang dapat diupgrade hingga 256GB.

Sedangkan pengguna Xiaomi Mi5 harus merasa puas dengan memori Internal sebesar 32GB untuk versi standart dengan RAM 3GB, kemudian untuk memori internal 64 GB hanya disediakan RAM sebesar 3GB, namun untuk memori intenal 128GB konsumen akan mendapatkan RAM sebesar 4GB tanpa adanya slot tambahan memori eksternal.

Dari sisi kamera, Xiaomi Mi5 menyediakan kamera utama belakang sebesar 16 megapixel ditambah dengan berbagai fitur pendukung seperti autofocus dan dual LED serta OIS. Sedangkan kamera depan untuk melakukan selfie, hanya disediakan kamera berukuran 4 megapixel tanpa banyak fitur yang menarik.

Sementara itu, Samsung Galaxy S7 Duos juga telah menyiapkan kamera b‎erkekuatan 12 megapixel yang didukung dengan fitur OIS dan phase detection autofocus serta LED Flash. Kemudian, untuk kamera depan atau selfie, Samsung telah menyiapkan kamera berkekuatan 5 megapixel.

 

 

 

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
xiomi, samsung galaxy note 7

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top