Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dukung Transformasi Bisnis, PTPN III Holding Terapkan ERP

PTPN III (Persero) Holding melakukan kick off pilot project implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) berbasis SAP dengan pola managed services.
Yusuf Waluyo Jati
Yusuf Waluyo Jati - Bisnis.com 11 Oktober 2016  |  23:36 WIB
Dukung Transformasi Bisnis, PTPN III Holding Terapkan ERP
Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PTPN III (Persero) Holding melakukan kick off pilot project implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) berbasis SAP dengan pola managed services. Sistem ERP dibutuhkan untuk mengintegrasikan data secar real time di seluruh PTPN mulai dari PTPN I hingga PTPN XIV dengan cepat, efektif, dan efisien.

Dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (11/10/2016) dinyatakan sistem tersebut untuk mendukung proses pengambilan keputusan secara cepat dan tepat menggunakan data dan informasi yang terintegrasi secara akurat, tepat waktu, serta dapat meningkatkan kualitas dan ketepatan pelaporan internal dan eksternal, termasuk ke holding.

Acara kick off dilakukan di Aula Kantor Direksi PT Perkebunan Nusantara XI, pekan lalu, yang dihadiri oleh Direktur Korporasi dan Keuangan PTPN III (Persero) Holding Erwan Pelawi, Direktur Utama PTPN XI Dolly P Pulungan, Direktur Komersial PTPN XI M Cholidi, Direktur Operasional PTPN XI Aris Toharisman, Deputi EVP Telkom Regional V Sudjatmiko, dan Tim Project Implementasi ERP PTPN XI.

Erwan pelawi mengatakan implementasi teknologi informasi sangat dibutuhkan di era globalisasi ketika persaingan industri yang semakin dinamis. Mengingat wilayah kerja PTPN Holding tersebar di seluruh nusantara, ERP dibutuhkan untuk mengintegrasikan data di seluruh PTPN dengan cepat, efektif dan efisien secara real time. “Kalau tidak sekarang, kapan lagi, “ tegas Erwan.

Erwan menambahkan tidak mudah mengimplementasikan ERP ini tetapi bukannya tidak mungkin. Kunci sukses implementasi ERP ini adalah komitmen dari seluruh manajemen, mulai dari direksi sampai level karyawan. “Secanggih apa pun sistem dibuat kalau yang menjalani tidak berkomitmen dan konsisten tidak akan berhasil optimal,” kata dia.

Dolly P Pulungan menyampaikan bahwa PTPN XI siap dan berkomitmen untuk menyukseskan implementasi ERP.

“Kami telah mempersiapkan mulai dari perbaikan infrastruktur pendukung, perbaikan standar operasional prosedur dan persiapan lain yang dibutuhkan dalam rangka mendukung implementasi ERP di PTPN XI yang ditargetkan go live pada 1 Januari 2017.

Dari pihak Telkom, Sudjatmiko mengatakan kecepatan menjadi kunci memenangi persaingan. Oleh karena itu, dibutuhkan dukungan teknologi informasi. “Telkom akan mendukung secara penuh 24 jam demi suksesnya implementasi ERP di PTPN Holding,” kata dia.

Strategi Implementasi ERP di PTPN III (Persero) Holding akan dilakukan secara bertahap mulai dari penyusunan global template, yang seluruh perwakilan PTPN melakukan harmonisasi bisnis proses dan penyusunan global template PTPN.

Kedua, pilot project, tahap awal implementasi ERP akan dilakukan di Kantor Holding, PTPN XI (untuk tanaman semusim) dan PTPN V (untuk tanaman tahunan). Ketiga, roll out, setelah berhasil di pilot project akan dilakukan roll out ke seluruh PTPN.

Keempat, business planning & consolidation (BPC) dan kelima, businness intelligent- dashboard. Seluruh tahapan tersebut telah ditargetkan selesai pada Maret 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ptpn iii
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top